Bertemu Pelajar Kreatif di Forum Pelajar Indonesia 5

Tinggalkan komentar

Januari 7, 2014 oleh kikisenyo

Bertemu Pelajar Kreatif di Forum Pelajar Indonesia 5

DSCF8105

Jakarta – Indonesia Student and Youth Forum (ISYF) adalah lembaga non-profit yang bergerak untuk pengembangan dan pergerakan pemuda dalam memberikan kontribusi positif bagi kelangsungan eksistensi pelajar Indonesia ke depan. Akhir 2013 lalu, ISYF mengadakan acara Forum Pelajar Indonesia (FOR) ke-5, pada 18-22 Desember lalu. Kegiatan FOR 5 ini mempertemukan 256 pelajar kreatif tingkat SMA/SMK/MA dari 22 provinsi se-Indonesia.

Seluruh delegasi yang terpilih mengikuti FOR 5 ini sudah melalui proses seleksi, yakni dengan membuat essay dan video singkat berdurasi 30 detik yang mengungkapkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap Indonesia.

Pelaksanaan kegiatan FOR ini dibawah tanggung jawab Fajar Kurniawan, Direktur ISYF, dan kepanitiaan diketuai oleh Fikri Muh. Khoirul Insan, serta dibantu oleh 15 orang volunteer terpilih dari berbagai daerah di Indonesia yang sudah diseleksi sebelumnya.

Tahun ini, FOR 5 mengangkat tema “Ayo Kreatif demi Indonesia”. Pada kegiatan ini, seluruh delegasi dituntut untuk kreatif, aktif, dan mengerti dengan permasalahan-permasalahan yang terjadi di daerah asalnya, dan membuat aksi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Untuk merumuskan masalah-masalah yang dihadapi itulah, setiap malam di Auditorium Graha Wisata Ragunan, diadakan Focus Group Discussion (FGD), yakni diskusi mengenai permasalahan daerah oleh delegasi setiap provinsinya. Hasil diskusi ini bersangkutan dengan topik “Merah Putih Gaya Gue” (MPGG), yang mana aksi yang akan dilakukan bersangkutan dengan cinta tanah air. Rencananya, nanti juga akan ada aksi MPGG serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 17 Agustus dengan aksi sejuta koin untuk Indonesia.

“Untuk aksi MPGG regional, rencananya kami akan melakukan aksi membagikan pin cinta tanah air di pusat-pusat keramaian, dan sekolah. Agar tren mengenakan pin yang sedang marak bisa juga menumbuhkan semangat nasionalisme terutama kalangan remaja yang mulai terpengaruh dengan budaya luar.” Ujar Rully Satria, delegasi Sumatera Barat.

Selain dituntut untuk mengerti permasalahan di daerah, setiap delegasi juga harus mengenal budaya daerahnya. Di hari keempat dan kelima pelaksanaan FOR 5, diadakan penampilan budaya berupa tari khas daerah yang ditampilkan di blok M Plaza, disaksikan seluruh pengunjung mall tersebut.

Ada banyak sekali kebudayaan daerah yang ditampilkan hari itu, yang membuat bangga setiap orang yang menyaksikannya. “Indonesia sangat kaya, dengan banyak suku bangsa dan kebudayaan, serta bahasa. Hal itu membuat saya semakin bangga menjadi orang Indonesia!” ujar Ni Luh Ayu Pradnyani Putri, delegasi Bali.

Forum Pelajar Indonesia ke-6 tahun 2014 akan dilaksanakan pada 13-17 Agustus nanti. Seleksi untuk mengikuti kegiatan ini akan diumumkan di minggu kedua bulan Januari. Info lebih lanjut bisa cek website http://www.isyf.or.id/, twitter @ISYF_INA, atau facebook “Forum Pelajar Indonesia”.

Narasi dan Foto oleh:

M. Rezki Achyana,

peserta FOR 5 delegasi Sumbar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: