Cerita Pelajar Minang Mengikuti Forum Pelajar Indonesia 5

Tinggalkan komentar

Januari 7, 2014 oleh kikisenyo

Cerita Pelajar Minang Mengikuti Forum Pelajar Indonesia 5

9-Siswa-sumbar-620x413

Forum Pelajar Indonesia (FOR) ke-5 2013 adalah agenda tahunan yang diadakan oleh Indonesia Student and Youth Forum (ISYF) di Jakarta, pada 18-22 Desember 2013 lalu. Kegiatan FOR 5 ini diikuti oleh 256 pelajar tingkat SMA/SMK/MA dari 22 provinsi se-Indonesia. ISYF adalah lembaga non-profit yang bergerak untuk pengembangan dan pergerakan pemuda dalam memberikan kontribusi positif bagi kelangsungan eksistensi pelajar Indonesia ke depan.

Sumatera Barat mengirimkan sembilan orang delegasi dalam kegiatan FOR 5 ini. Mereka adalah Zihaul Abdi dari SMAN 1 Padang, Zulfahmi, Muhammad Ravi Yuvhendmindo, dan Rizqa Karima dari SMAN 2 Padang, M. Rezki Achyana dan Rully Satria dari SMAN 3 Padang, Irma Suryani Syair dari SMAN 10 Padang, Wendy Romadhona dari SMAN 1 Padang Panjang, dan Ridha Hayyu Nisa dari SMAN 1 Payakumbuh.

Seluruh delegasi yang terpilih sudah melalui proses seleksi, yakni dengan membuat essay dan video singkat berdurasi 30 detik yang mengungkapkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap Indonesia.

Ada banyak cerita dari para delegasi Sumbar selama mengikuti kegiatan FOR 5 ini. Seperti yang diungkapkan Irma Suryani Syair dari SMAN 10 Padang, “Kegiatan FOR 5 sangat menyenangkan. Kami bertemu banyak teman baru dari seluruh Indonesia dengan latar belakang yang berbeda-beda.” Ujarnya.

Seluruh delegasi dikumpulkan di Graha Wisata Ragunan, Jakarta Selatan. Kegiatan selama lima hari itu mendekatkan satu sama lain. “Walaupun baru kenal dengan teman-teman dari daerah lain, tapi kami sudah seperti lama kenal dan dekat.” Ujar Muhammad Ravi Yuvhendmindo, delegasi dari SMAN 2 Padang.

Ada banyak kegiatan yang dilakukan selama di Jakarta. Seperti mengunjungi PT Jamsostek untuk pengenalan BPJS Ketenagakerjaan, mendapat ilmu mengenai pendidikan di Amerika Serikat dari US Embassy di @america Pasific Place, mengenal banyak perusahaan besar di Indonesia, bertemu dengan tokoh-tokoh besar Indonesia, dan lain sebagainya. “Bertemu dan berbincang langsung dengan tokoh besar Indonesia sangat menyenangkan. Salah satu talkshow favorit saya adalah bersama Bapak Jendral TNI Purn. Luhut Panjaitan, dan dengan Kementerian Kesehatan RI.” Ujar Rully Satria, delegasi SMAN 3 Padang.

“Bertemu dengan Hanung Bramantyo sutradara film Soekarno juga adalah salah satu hal yang berkesan.” Ujar Rizqa Karima, delegasi SMAN 2 Padang.

Selain itu, ada juga kegiatan Focus Discussion Group (FGD) yang dilakukan setiap malam di Auditorium Graha Wisata Ragunan. FGD adalah kegiatan diskusi per provinsi yang membahas permasalahan-permasalahan dan mencanangkan sebuah aksi untuk dilakukan di provinsi masing-masing. Aksi yang akan dilakukan nanti diberi nama “Merah Putih Gaya Gue” atau yang biasa disebut MPGG. “Dari Sumbar kami mengangkat permasalahan kurangnya rasa nasionalisme remaja kepada negara ini. Dan aksi yang akan kami lakukan insyaAllah adalah membagikan pin yang menunjukkan kecintaan terhadap NKRI ini.” Ujar Ridha Hayyu Nisa, delegasi SMAN 1 Payakumbuh.

Acara yang menarik perhatian dan sudah disiapkan setiap delegasi dari provinsi asalnya adalah penampilan budaya berupa tarian daerah, yang ditampilkan dalam Festival Seni Pelajar Nusantara di Blok M Plaza. Sumbar tampil di hari kedua, bersama tiga provinsi lainnya yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Kalimantan Selatan. Penampilan yang diberikan adalah tari indang. “Kami berlatih cukup keras untuk menampilkan yang terbaik dalam acara ini. Alhamdulillah, penampilan kami lancar!” ujar Zulfahmi, delegasi dari SMAN 2 Padang.

“Aku bahkan menyempatkan diri datang dari Padang Panjang ke Padang untuk berlatih tari indang ini.” Tambah Wendy Romadhona, delegasi SMAN 1 Padang Panjang.

Banyaknya penampilan kebudayaan daerah dari setiap provinsi peserta FOR 5 ini membuktikan bahwa negeri kita ini kaya akan keberagaman. “Saya bangga menjadi orang Indonesia!” ujar Zihaul Abdi, delegasi SMAN 1 Padang.

Narasi oleh:

 M. Rezki Achyana, SMAN 3 Padang,

Delegasi Sumbar dalam FOR 5

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: