Ayo Kreatif demi Indonesia bersama Forum Pelajar Indonesia 5

Tinggalkan komentar

Januari 7, 2014 oleh kikisenyo

Ayo Kreatif demi Indonesia bersama Forum Pelajar Indonesia 5

FOR 5.

Forum Pelajar Indonesia (FOR) ke-5 2013 adalah agenda tahunan yang diadakan oleh Indonesia Student and Youth Forum (ISYF) di Jakarta, pada 18-22 Desember 2013 lalu. Kegiatan FOR 5 ini diikuti oleh 256 pelajar tingkat SMA, SMK, dan MA dari 22 provinsi se-Indonesia. ISYF adalah lembaga non-profit yang bergerak untuk pengembangan dan pergerakan pemuda dalam memberikan kontribusi positif bagi kelangsungan eksistensi pelajar Indonesia ke depan.

Sumatera Barat mengirimkan sembilan orang delegasi dalam kegiatan FOR 5 ini. Mereka adalah Zihaul Abdi dari SMAN 1 Padang, Zulfahmi, Muhammad Ravi Yuvhendmindo, dan Rizqa Karima dari SMAN 2 Padang, M. Rezki Achyana dan Rully Satria dari SMAN 3 Padang, Irma Suryani Syair dari SMAN 10 Padang, Wendy Romadhona dari SMAN 1 Padang Panjang, dan Ridha Hayyu Nisa dari SMAN 1 Payakumbuh.

Seluruh delegasi yang terpilih sudah melalui proses seleksi, yakni dengan membuat essay dan video singkat berdurasi 30 detik yang mengungkapkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap Indonesia.

Pelaksanaan FOR 5 ini diketuai oleh Fikri Muh. Khoirul Insan, bekerjasama dengan 15 orang volunteer terpilih dari berbagai provinsi di Indonesia.

Di hari pertama penyelenggaraan FOR 5, 18 Desember 2013, diadakan orientasi program yang dibawakan oleh Founder sekaligus Direktur ISYF, Fajar Kurniawan di Auditorium Graha Wisata Ragunan.

Pembukaan acara FOR 5 diadakan di Balairung Soesilo Sudarman Gedung Sapta Pesona Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, yang dihadiri oleh beberapa jajaran menteri. Acara dibuka secara resmi oleh Direktur ISYF, Ketua Panitia FOR 5, dan Deputi Kemenkokesra bidang Pendidikan dan Agama, Agus Sartono.

Setelah acara resmi dibuka, diadakan talkshow mengenai Ekonomi Kreatif yang dibawakan oleh Hary Waluyo, Sekjen Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI. Antusiasme pelajar dalam talkshow ini cukup tinggi, karena pada sesi tanya jawab, banyak pertanyaan yang muncul diantaranya mengenai kesiapan Indonesia menghadapi pasar bebas 2015, Komunitas ASEAN 2015, dan lain sebagainya.

Malam harinya, di Auditorium Graha Wisata Ragunan, seluruh delegasi mengikuti Focus Group Discussion (FGD) 1 dengan materi Merah Putih Gaya Gue (MPGG). Kegiatan ini untuk memberikan pengarahan awal mengenai projek sosial yang akan dilaksanakan di provinsi setiap delegasi nantinya.

Di hari kedua, 19 Desember 2013, seluruh delegasi dibawa ke Monumen Nasional (Monas) untuk senam pagi bersama Menteri BUMN, Dahlan Iskan. Kegiatan kemudian dilanjutkan di Allianz Tower untuk mengikuti Workshop “My Finance Coach” dengan membagi seluruh delegasi ke dalam tujuh kelas yang berbeda. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan di Gedung Jamsostek untuk mengenal BPJS Ketenagakerjaan sebagai badan baru di Indonesia, dengan pemateri Agus Supriadi, Direktur Keuangan Jamsostek.

Acara hari itu masih belum berakhir, karena seluruh delegasi mengikuti gala dinner dan diskusi bersama BKKbN dengan topik “Menjadi Generasi Berencana” di Dapur Sunda Resto bersama Ketua BKKbN Sudibyo Alimoeso, dan dilanjutkan dengan diskusi bersama Menteri Koperasi dan UKM, Syarif Hasan. Pada malam harinya, di Auditorium Graha Wisata Ragunan, diadakan FGD 2 dengan membentuk kelompok per provinsi untuk berdiskusi dan merumuskan masalah-masalah yang terjadi di provinsinya masing-masing dan membuat aksi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Indonesia butuh kamu sebagai anak bangsa untuk menunjukkan kecintaan dalam bentuk apapun yang positif” ujar Direktur ISYF, Fajar Kurniawan, memotivasi para delegasi.

Hari ketiga, 20 Desember 2013, seluruh delegasi dibagi dalam dua kelompok untuk Corporate Visit. Kelompok pertama berangkat ke Blok M Plaza untuk mengenal PT. Coca Cola Amatil, dan kelompok kedua ke Microsoft Office milik PT. Microsoft Indonesia. Setelah itu, seluruh delegasi kembali bertemu di @america Pasific Place untuk mengikuti workshop dengan topik “I Want To Be Diplomate” yang dibawakan Ed Dunn, duta besar Amerika Serikat untuk Indonesia, serta topik “Education in USA: Strategi Sekolah dan Meraih Beasiswa di Amerika” yang dibawakan Rizqarossaa Darni, dari US Embassy.

Malam harinya, diadakan presentasi mading perkenalan sekolah oleh seluruh delegasi dilanjutkan dengan FGD 3 dengan agenda membahas isu strategis dalam gerakan pelajar Indonesia menyelesaikan projek sosial MPGG yang sudah dibahas di hari pertama dan kedua. Malam itu juga setiap provinsi mempresentasikan permasalahan di daerahnya dan projek yang akan dilakukan.

Di hari keempat, 21 Desember 2013, seluruh delegasi mengunjungi Blok M Plaza untuk mengikuti workshop “Indonesia Safety Road: Pencanangan Gerakan Pelajar Pelopor Keselamatan di Jalan Raya” yang dibawakan Ketua Global Road Safety Partnersip, Iskandar Abubakar. Kemudian acara dilanjutkan di lantai dasar Plaza Blok M, dengan kegiatan “Festival Seni Pelajar Nusantara”, yang meliputi penampilan seni daerah dan pagelaran makanan khas daerah. Festival ini diadakan selama dua hari, dan di hari pertama, ada 18 provinsi yang menampilkan kebudayaan daerahnya. Pada kegiatan ini juga diselingi talkshow bersama beberapa tokoh, diantaranya Ketua BP2TKI, Jumhur Hidayat, dan Wakil Ketua Umum PBB, Sahar L Hasan.

Malam harinya, seluruh delegasi “Nonton Bareng” film Soekarno di XXI Blok M Plaza dan disambut langsung oleh sutradara film tersebut, Hanung Bramantyo.

Di hari terakhir, 22 Desember 2013, dilanjutkanlah Festival Seni Pelajar Nusantara yang menampilkan empat provinsi lainnya yang belum tampil. Provinsi-provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Barat, dan Kalimantan Selatan. Setelah itu, diadakan talkshow bersama Aburizal Bakrie, Jenderal TNI Purn. Luhut Panjaitan, dan beberapa tokoh lainnya.

Hari itu, seluruh delegasi bernyanyi bersama jingle Forum Pelajar Indonesia dan Stop Tawuran yang dibawakan oleh NZ Querida, kemudian dilanjutkan dengan acara penutupan yang ditandai dengan penyerahan sertifikat secara simbolis kepada empat orang perwakilan peserta. Malam harinya, di Auditorium Graha Wisata Ragunan, diadakan acara tukar kado antar peserta dan penutupan yang ditutup langsung oleh Direktur ISYF, Fajar Kurniawan.

Forum Pelajar Indonesia ke-6 tahun 2014 akan dilaksanakan pada 13-17 Agustus nanti. Seleksi untuk mengikuti kegiatan ini akan diumumkan di minggu kedua bulan Januari. Info lebih lanjut bisa cek website http://www.isyf.or.id/, twitter @ISYF_INA, atau facebook “Forum Pelajar Indonesia”.

Foto dan Narasi oleh:

M. Rezki Achyana, SMAN 3 Padang,

Peserta FOR 5 Delegasi Sumbar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: