Siswa AFS Berkunjung ke Singgalang

3

November 15, 2013 oleh kikisenyo

Kunjungan Siswa AFS ke Kantor Singgalang

575778_612091042188341_1031621494_n

            Padang – Pada rapat redaksi bulanan reporter Singgalang Masuk Sekolah, Sabtu (9/11) lalu,  ada kunjungan dari tiga orang siswa pertukaran pelajar program AFS yang diprakarsai Yayasan Bina Antarbudaya Indonesia. Tiga orang siswa itu adalah Svetlana Aleeksevna Pekarskikh dari Rusia yang bersekolah di SMAN 1 Padang, Tomohiko Koizumi dari Jepang di SMAN 3 Padang, dan Vanessa Schaerer dari Swiss di SMAN 10 Padang.

Siswa AFS ini dibawa ke Kantor Singgalang oleh tiga orang volunteer AFS Chapter Padang, yakni Zillan Zalila, Kiki Achyana, dan Merry Diana Bahrun.

Kedatangan Sveta, Tomo, dan Vanessa ini mendapat sambutan hangat dan antusiasme yang tinggi dari reporter-reporter SMS. Pada rapat tersebut, diadakanlah forum diskusi antara para reporter dengan siswa AFS tersebut.

Forum diskusi ini sangat menyenangkan karena ada banyak pertanyaan yang dilontarkan reporter SMS. Seperti pertanyaan dari Puti Miftahul Hasanah, reporter SMPN 12 Padang, yang menanyakan alasan para foreigner tersebut memilih Indonesia sebagai negara pilihannya.

Indonesia has so many culture. That’s why I choose this country to spend my exchange year.” – ujar Vanessa, siswi dari Swiss.

Walaupun bukan seorang muslim, tetapi Vanessa mengenakan jilbab dan pakaian tertutup saat datang ke Kantor Singgalang. Alasannya adalah karena ia menghormati orang Indonesia dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Ini adalah salah satu pemahaman budaya yang dipelajarinya selama di Indonesia.

Para siswa AFS ini dimasukkan ke kelas IPS di masing-masing sekolahnya. Ini dikarenakan mereka memiliki target lancar berbahasa Indonesia setelah tiga bulan berada disini. Setelah dua bulan bersekolah, kecakapan berbahasa Indonesia yang baik sudah dapat dilihat dari Sveta, siswi dari Rusia.

“Saya belajar bahasa Indonesia dari Filzah, saudara  angkatku disini, dan dari teman-teman di sekolah.” Ujar Sveta dengan lancarnya.

Tomohiko, siswa dari Jepang, baru seminggu berada di Padang. Ini dikarenakan saat orientasi nasional di Jakarta pada Agustus lalu, dia harus kembali ke negaranya karena kakaknya meninggal. Sehingga dia masih mengalami culture shock dan harus beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Zihaul Abdi, reporter dari SMAN 1 Padang, terlihat antusias dengan kedatangan siswa AFS ini. Karena dia mempraktekkan kemampuan bahasa Jepangnya kepada Tomohiko, dan mendapat sedikit koreksi dalam berbahasa Jepang.

Tomohiko juga mendapat pertanyaan dari Willa Wahyuni, reporter SMA Dian Andalas, yakni perbedaan kondisi sekolah di Padang dengan yang ada di Tokyo. “In Japan, we can’t stand up from our chair. It’s not free. It’s different in here, because we can move the chair.” Balas Tomo.

Pertanyaan untuk Vanessa yang dilontarkan Alifia Seftin Oktriwina, alumni SMAN 1 Padang yang juga merupakan sesepuh reporter SMS, cukup menarik perhatian. Awin menanyakan perbedaan sistem sekolah di Indonesia dengan Swiss. Seluruh reporter cukup terkejut saat Vanessa mengatakan bahwa sekolah di Swiss hanya sembilan tahun. Setelah itu, lulusan sekolah akhir dapat bekerja. Persaingan untuk masuk perguruan tinggi di sana sangat ketat. Dari 200 orang yang mendaftar, hanya 5 orang yang diterima. “I’m 16 years old, and I’ve finished my school. Now, I’m a nurse in the hospital. When I back to Swiss next year, I’ll continue my job.” Ujar Vanessa.

“Rapat SMS hari ini sangat menyenangkan! Nggak nyesal jauh-jauh datang ke Padang untuk ikut rapat.” Ujar Yuaksanda Metrin, reporter SMAN 1 Kota Solok yang diamini oleh Afifah Safira, reporter SMAN 1 Sumbar, Padang Panjang.

Rapat SMS hari itu selesai pukul 18.00 WIB. Sveta dan Tomohiko dijemput oleh keluarga angkatnya, sementara Vanessa diantar oleh volunteer ke rumahnya. (*)

 

Keterangan foto: Siswa AFS di ruang rapat Kantor Singgalang

Foto dan Narasi: M. Rezki Achyana

3 thoughts on “Siswa AFS Berkunjung ke Singgalang

  1. ariyavanna mengatakan:

    aarrrgh i want to meet tomohiko >_<

  2. ariyavanna mengatakan:

    please make another posting about tomohiko xD /

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: