Action Week Bina Antarbudaya Chapter Padang

Tinggalkan komentar

November 15, 2013 oleh kikisenyo

Action Week Bina Antarbudaya Chapter Padang

Action Week

Kegiatan membuat poster oleh kelompok Sapu

            Padang – Minggu (10/11) lalu, Yayasan Bina Antarbudaya Chapter Padang yang bergerak dalam pertukaran pelajar ke berbagai negara mengadakan kegiatan sosial bertemakan lingkungan di Panti Asuhan Aisyiah cabang Ampang. Kegiatan ini dilaksanakan oleh returnee program YES ke Amerika Serikat 2012/2013, yakni Arry Khaminov Rizky  dari SMAN 1 Padang, dan Ratu Desti Wulandari serta Mutia Khairunnisa dari MAN 2 Padang.

Arry, Ratu, dan Mutia baru kembali dari Amerika Serikat pada Juli lalu. Dan setibanya di Indonesia, dalam rangka International Education Week, seluruh returnee di setiap chapter harus melakukan sebuah project yang memiliki dampak baik pada lingkungan.

Kegiatan bernama “Action Week: Environments Caring and Cultures Sharing” ini diketuai oleh Arry, dan kepanitiaan dibantu juga oleh beberapa orang volunteer, returnee YES 2011/2012 yakni Melati Dwianugrah Khalik yang merupakan alumni SMAN 3 Padang, serta tiga orang hosting AFS yakni Svetlana Alekseevna Pekarskikh dari Rusia yang bersekolah di SMAN 1 Padang, Tomohiko Koizumi dari Jepang di SMAN 3 Padang, dan Vanessa Schaerer dari Swiss di SMAN 10 Padang.

Kegiatan Action Week ini dimulai pukul 09.00 WIB dan diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain presentasi mengenai lingkungan, kuis tanya jawab, dan membuat yel-yel serta poster lingkungan. Untuk kegiatan yel-yel dan poster, seluruh siswi di panti asuhan tersebut dibagi ke dalam enam kelompok, yakni kelompok sapu, kain pel, tong sampang, kemoceng, sodokan, dan ember. Setiap kelompok dibimbing oleh tiga orang panitia.

Di dalam yel-yel yang dibuat, harus ada kata atau kalimat yang menjelaskan nama masing-masing kelompok. Kegiatan sangat menyenangkan, dapat dilihat dari kehebohan setiap kelompok dalam membuat yel-yelnya. Apalagi dengan adanya teman-teman baru dari luar negeri yang menjalani pertukaran pelajar disini.

Yel-yel dan poster yang dibuat juga diperlombakan setelah sholat Zuhur. Ada banyak kekonyolan dan keseruan dalam penampilan yel-yel tersebut. Poster yang dipresentasikan juga sangat bagus, hasil kreativitas semuanya.

Saat pengumuman juara, kelompok tong sampah adalah yang paling heboh. Ini dikarenakan juara 1 lomba yel-yel dan poster diraih oleh kelompok tersebut. Lomba yel-yel hanya mencari satu pemenang, sementara poster mencari tiga pemenang. Juara dua dan tiga poster adalah kelompok sodokan dan ember. Penyerahan hadiah diberikan langsung oleh Kepala Panti kepada perwakilan kelompok yang menang.

“Alhamdulillah kegiatan Action Week ini sukses dilaksanakan. Terima kasih kepada semua pihak yang terkait, terlebih kepada Panti Aisyiah cabang Ampang dan para volunteer.” Ujar Arry Khaminov Rizky, Ketua Pelaksana yang merupakan returnee YES 2012/2013. (*) M. Rezki Achyana

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: