Kevin Ilham Kurniawan, Salam Hangat dari Missouri

Tinggalkan komentar

September 20, 2013 oleh kikisenyo

Kevin Ilham Kurniawan, Salam Hangat dari MissouriImage

Hampir semua orang memiliki impian untuk menapakkan kakinya di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Tetapi tidak banyak orang yang bisa meraih impian tersebut. Beruntung, melalui program YES (Youth Exchange and Study) yang diprakarsai Bina Antarbudaya Indonesia dan disponsori oleh Department of State US, salah satu anak muda Sumbar bisa mewujudkan mimpinya itu. Adalah Kevin Ilham Kurniawan, siswa SMAN 1 Padang, yang kini sedang di Amerika Serikat menjalani pertukaran pelajar.

                Program YES memberikan beasiswa penuh kepada siswa-siswi di negara-negara dengan populasi muslim yang besar seperti Indonesia untuk bersekolah selama setahun di Amerika Serikat. Tujuan program ini adalah untuk mewujudkan mutual understanding dan saling mengenalkan budaya masing-masing antara Amerika Serikat dengan negara-negara muslim agar tidak terjadi kesalahpahaman atau rasa takut yang berlebihan.

            Kevin, begitu panggilan akrabnya, adalah putra sulung dari pasangan Yunaldi dan Rosmiaty Islami. Ia lahir di Padang, 21 Juni 1996. Kevin adalah salah satu dari 85 orang se-Indonesia yang menerima beasiswa YES ini. Dari Sumbar, hanya ada lima siswa yang terpilih mendapatkannya. Kevin berangkat ke Amerika Serikat pada 5 Agustus lalu, ditempatkan di Kansas City, negara bagian Missouri.

            Dihubungi melalui sosial media, Kevin bercerita banyak mengenai awal pengalamannya di Amerika Serikat kepada SMS. Sebelum ke Kansas City, Kevin mengikuti orientasi di Hilton Dulles International, Washington DC. Orientasi ini dilaksanakan untuk menyambut sekaligus memberikan pengarahan selama di Amerika kepada peserta YES dari seluruh dunia.

“Orientasinya sangat asyik, walaupun melelahkan. Aku bertemu dengan teman-teman YES dari seluruh dunia. Kami seperti sepemikiran, juga banyak bercerita tentang negara masing-masing. Disana juga ada sholat Idul Fitri di hotel dengan Imam Arafat. Karena peserta YES banyak yang muslim.” Tulis Kevin di e-mailnya.

Berbicara mengenai jumlah muslim yang minoritas di Amerika Serikat, ternyata Kevin tidak mendapatkan diskriminasi selama disana. “Tidak ada diskriminasi sama sekali. Mereka sangat respect dengan Islam, malah menyediakan tempat sholat untukku di satu ballroom.” Cerita Kevin lagi.

Setelah orientasi, Kevin berangkat ke Kansas City, Missouri, pada 9 Agustus lalu. Ia tinggal bersama host family (keluarga angkat) The Butchers, dengan host Dad Michael Butcher, dan host Mom Sandra Butcher. Ia bersekolah di Raytown High School, Kansas City. RHS memiliki maskot “Blue Jays”.

Saat SMS bertanya mengenai teman baru, Kevin mengatakan bahwa ia sudah mendapatkan beberapa orang teman meskipun pendekatannya agak susah karena belum terlalu biasa berbahasa Inggris-nya Amerika. “Mereka ngomong cepat banget. Ketika aku bercerita tentang Indonesia, mereka terlihat excited dengan ceritaku.” Ujarnya.

Kevin juga bercerita mengenai sikap orang Amerika yang dilihatnya selama tiga minggu pertamanya disana. “Orang Amerika ramah sekali. Kalau bertemu tatap muka, mereka saling senyum, sama seperti di Indonesia. Tapi mereka independent. Anak sekolahan disini kerja part time untuk beli mobil. Cara berkendara mereka pun sangat tertib. Porsi makanannnya juga besar, hehe.” Ceritanya.

Kevin adalah siswa berprestasi. Selain menjadi peserta program YES, ia juga adalah peraih juara 1 Olimpiade Sains tingkat Kota Padang bidang Geografi tahun 2013, Juara 1 English Debate tingkat Kota Padang oleh Dinas Pendidikan, Top 12 Nomination Speakers Sumbar, dan penerima Silver Award Symposium Fully Residential Schools International Symposium (FRSIS) Malaysia 2013 bertema “Go Green Initiatives For the Future”.

Dalam menjalani kehidupan sehari-harinya, Kevin yang merupakan alumni SMPN 1 Padang ini memegang teguh motto “You lose nothing if you try, but you get everything when you succeed”. Penerapan motto ini sudah bisa dilihat dari prestasi-prestasi membanggakan yang sudah diraihnya.

Sukses terus untuk Kevin. Semoga satu tahun ke depan saat kembali ke Indonesia dapat membawa dan membuat perubahan untuk kemajuan Indonesia. Amin. (*)

M. Rezki Achyana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: