Seleksi Pertukaran Pelajar Bina Antarbudaya Tahap 3

Tinggalkan komentar

Juni 16, 2013 oleh kikisenyo

Seleksi Tahap 3 Pertukaran Pelajar Bina Antarbudaya Chapter Padang

 

PADANG – Seleksi pertukaran pelajar ke Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang melalui program YES, AFS, dan Kizuna yang diadakan yayasan Bina Antarbudaya Chapter Padang sudah memasuki tahapan ke-3 pada Minggu (9/6) lalu di MTsN Model Gunung Pangilun Padang. Seleksi tahap 2 yang diadakan tiga minggu sebelumnya, Minggu (19/5) meluluskan 63 orang peserta yang terdiri dari 57 orang siswa SMA Negeri/Swasta dan 7 orang siswa MA dari total peserta 308 orang se-Sumatera Barat.

Seleksi dimulai pada pukul 08.30 WIB. Sebelumnya, seluruh peserta dikumpulkan di masjid MTsN Model Gunung Pangilun Padang untuk mendapatkan penjelasan dan pengarahan mengenai seleksi.

Seleksi tahap 3 ini adalah dinamika kelompok. Para peserta dibagi dalam sepuluh kelompok yang terdiri dari 4 hingga 6 orang. Kelompok-kelompok tersebut diseleksi di dalam tiga ruangan yang berbeda, dengan juri yang terdiri dari volunteer AFS.

Di dalam kelompoknya, para peserta diberikan sebuah kasus dan diminta membuat sebuah prakarya berbentuk 3 dimensi yang dianggap mampu menyelesaikan kasus tersebut. Aspek-aspek yang dinilai dalam dinamika kelompok ini adalah kerjasama para peserta dengan kelompoknya, cara berkomunikasi, dan hal-hal lainnya yang menyangkut cara bersosialisasi.

Image

Seleksi tahap 3 ini berakhir pada pukul 13.00 WIB. Pengumuman kelulusan akan diberitahukan di grup Facebook “Bina Antarbudaya Chapter Padang”, twitter “@chapter_padang”, dan di web Bina Antarbudaya yang diperkirakan akan dikeluarkan pada awal Juli.

“Jika pada tahap 3 ini peserta dinyatakan lulus, berkas-berkasnya akan dikirim ke nasional untuk dinilai hingga dapat dinyatakan sebagai kandidat nasional dari Chapter Padang” ujar Rahimah Bachtiar, Ketua Chapter Padang Yayasan Bina Antarbudaya.

Bina Antarbudaya Chapter Padang selain mengurus seleksi di Sumatera Barat, juga mengkoordinir subchapter Pekanbaru, Batam, dan Jambi. Seleksi tahap 3 selanjutnya akan dilaksanakan di Jambi pada Minggu (16/6) mendatang di British Institute Jambi, dilanjutkan Pekanbaru pada Minggu (23/6) mendatang di SMAN 8 Pekanbaru, dan terakhir di Batam pada Minggu (30/6) mendatang di SMAN 3 Batam.

“Terima kasih kepada para panitia dan volunteer yang sudah berpartisipasi dalam pelaksanaan seleksi tahap 1 hingga 3 ini. Tanpa kerjasama yang solid kita semua, seleksi Bina Antarbudaya Chapter Padang tidak akan sesukses ini.” Ujar Rahimah Bachtiar lagi. (*)

 

M. Rezki Achyana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: