Oktafiani Tri Ananda, Look Everything On the Bright Side

Tinggalkan komentar

Juni 16, 2013 oleh kikisenyo

Ya, tulisan ini memang terlambat lima bulan untuk diposting. Tapi inspirasi yang dibagikan oleh Nanda dan berbagai prestasi membanggakan yang diraihkan membuatku tetap ingin memasukkan tulisan ini dalam entri blogku.🙂

 

Oktafiani Tri Ananda

Look Everything On the Bright Side

Image

        Ikon kali ini memuat profil dara manis SMAN 1 Padang bernama Oktafiani Tri Ananda. Nanda, begitu panggilan akrabnya, lahir di Jambi, 4 Oktober 1996 dari pasangan Deswan Putra dan Yeni Zafitri. Nanda adalah pribadi yang ramah, murah senyum, dan memiliki cara bicara yang unik. Hal ini bisa SMS buktikan saat melakukan wawancara dengannya pada Jum’at (4/1) lalu.

            Nanda kini duduk di kelas XI IPA 2 SMAN 1 Padang. Dalam kehidupan sehari-harinya, siswi yang hobi membaca buku ini memegang teguh motto hidup “Always look on the bright side”. Maksudnya adalah, selalu lihat seseorang atau suatu peristiwa dari sisi positifnya.

“Contohnya, mungkin saat kita mengalami kegagalan atau mendapat musibah, kita berpikir bahwa diri kita-lah yang yang sial, bodoh, atau lain sebagainya. Padahal jika kita menerima semua hal tersebut dengan lapang dada, kita bisa mengambil pelajaran di dalamnya. Ambil semua sisi baik dari kegagalan tersebut supaya kita bisa ikhlas dan berusaha untuk lebih baik. Kalau tidak seperti itu, bisa saja kita jadi menyalahkan Tuhan dengan mengatakanNya tidak adil.” Ungkap anak bungsu dari tiga bersaudara ini.

            Nanda bercerita banyak hal pada SMS mengenai prestasi-prestasi membanggakan yang sudah diraihnya. Seperti pada tahun 2011 lalu, Nanda berhasil meraih juara satu dalam ajang West Sumatera English Competition UNP 2011 tingkat SMA se-Sumatera Barat, juga menjadi finalis pra-olimpiade biologi Tensai 2011 yang diadakan oleh SMAN 10 Padang. Selain itu, ia juga menjadi salah satu dari 25 orang delegasi Indonesia dalam program Singapore – Indonesia Student Friendship Adventure Camp (SISFAC) di Bukittinggi yang melibatkan pemuda-pemuda dari Indonesia dan Singapura.

            Tidak cukup sampai disitu, siswi alumni SD Pertiwi 3 Padang dan SMPN 1 Padang ini juga kembali mendulang prestasi pada tahun 2012. Yakni menjadi pemuncak pada Lomba Cerdas Cermat Pojok BNI Unand 2012 tingkat SMA se-Kota Padang, juara dua Lomba Karya Tulis Industrial Festival Unand 2012 tingkat SMA se-Indonesia, menjadi Pelopor/Duta Tata Ruang Sumatera Barat 2012, dan juga menjadi Perwakilan Sumatera Barat pada Hari Tata Ruang Nasional di Jakarta pada November 2012 lalu.

            Pada akhir November 2012 lalu, Nanda kembali menjadi salah satu dari lima orang delegasi Indonesia dalam program Singapore – Indonesia Student Leadership Adventure Camp (SISLAC) yang diadakan di negara Singapura. Wow! Nanda sungguh hebat, bukan?

            Saat ini, Nanda sedang berada di Negeri Sakura, Jepang, mengikuti Kizuna (Bond) Program, menjadi salah satu dari 50 delegasi Indonesia. Nanda berangkat pada Minggu (6/1) lalu, dan akan kembali ke tanah air pada Rabu (16/1) mendatang.

            Selain berprestasi, dara yang tinggal di daerah Jati ini juga aktif berorganisasi lho! Di sekolahnya, SMAN 1 Padang, Nanda tergabung dalam keanggotaan OSIS, bagian Ketua Forum Annisa. Sementara di luar sekolah, Nanda menduduki jabatan Vice President sebuah organisasi pemuda Minang Youth in Action (MYA). Nanda juga tergabung dalam beberapa ekstrakulikuler lain di sekolahnya, yakni Media Smansa, Olimpiade Biologi, dan English Community.

            Saat ditanyai mengenai cita-cita, Nanda mengungkapkan bahwa dia sangat ingin menjadi seorang dokter dan penulis buku. “Insya Allah nanti aku bisa buka klinik yang di sebelahnya ada perpustakaan yang lengkap dibuka untuk umum terutama bagi anak-anak yang tidak mampu.” Ujarnya.

            Dan ketika berbicara mengenai idola, Nanda mengutarakan bahwa Nabi Muhammad adalah idolanya. “Nabi Muhammad adalah sosok yang sangat aku banggakan. Beliau adalah idola sekaligus inspirasi bagiku. Selain Nabi Muhammad, aku juga menjadikan setiap orang sebagai inspirasiku. Setiap orang pasti memiliki cara hidup, pola pikir, dan sikap serta sifat yang berbeda-beda. Aku memilah setiap hal baik dalam diri mereka dan menjadikannya pedoman untuk hidupku yang lebih baik lagi.” Ujar Nanda lagi.

            Mengakhiri percakapan hari itu, Nanda memberikan sebuah quote untuk SMS. “Allah always knows  whats best for us. So what we have to do is to look everything on the bright side.”. (*)

 

M. Rezki Achyana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: