Persaingan Ketat Seleksi Tahap Satu Pertukaran Pelajar Bina Antarbudaya

Tinggalkan komentar

Mei 1, 2013 oleh kikisenyo

PadangYayasan Bina Antarbudaya kembali membuka kesempatan sebesar-besarnya kepada siswa-siswi kelas X seluruh Indonesia untuk mendapatkan pengalaman luar biasa dalam pemahaman budaya melalui program pertukaran pelajar ke Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang. Program pertukaran pelajar yang ditawarkan ke Amerika Serikat bernama YES (Youth Exchange and Study), untuk tujuan negara-negara Eropa bernama AFS (American Field Study), dan yang tujuan ke Jepang bernama Kizuna Bond Program.

Program beasiswa YES dan AFS memberikan beasiswa kepada siswa-siswi di negara-negara dengan populasi muslim yang besar seperti Indonesia untuk bersekolah selama setahun di Amerika Serikat dan Eropa. Tujuan program ini adalah untuk mewujudkan mutual understanding dan saling mengenalkan budaya masing-masing antara Amerika Serikat dan Eropa dengan negara-negara muslim tersebut agar tidak terjadi kesalahpahaman atau rasa takut yang berlebihan.

Sementara Kizuna Bond Program adalah beasiswa short term selama sepuluh hari ke Jepang yang merupakan bagian dari rencana rekonstruksi Jepang dan bertujuan mempromosikan pemahaman global upaya kebangkitan Jepang dalam menanggapi gempa dahsyat di wilayah timur Jepang.

Tahun ini, Chapter Padang siap memberangkatkan lima orang kandidat program YES ke Amerika Serikat pada Agustus mendatang, yakni Kevin Ilham Kurniawan dari SMAN 1 Padang, Qurrata Ayuna Adrianus dari SMAN 10 Padang, Natasha Baliani Hasibuan dari MAN 2 Padang, Putri Rahma Wike dari SMAN 3 Bukittinggi, dan Randi Adi Karsa Putra dari Pesantren Hamka. Chapter Padang juga sudah mengirim dua orang untuk program Kizuna Bond Program ke Jepang pada Januari lalu, yakni Oktafiani Tri Ananda dari SMAN 1 Padang, dan Kustiawanto Halim dari SMAN 1 Payakumbuh.

Kesempatan besar mendapatkan beasiswa pertukaran pelajar inilah yang mengundang siswa-siswi se-Sumatera Barat untuk mengikuti seleksi tahap satu pada Minggu (28/4) lalu di MTsN Model Gunung Pangilun Padang. Seleksi tahap satu ini serentak dilaksanakan di 18 chapter seluruh Indonesia, dan Chapter Padang juga mengkoordinir seleksi di subchapter Pekanbaru, Batam, Tanjung Pinang, dan Jambi.

Kepanitiaan seleksi tahap satu Chapter Padang terdiri atas para pengurus chapter, returnee YES, candidates YES, dan volunteer AFS.

Seleksi tahap satu terdiri dari tiga macam test, yakni ujian pengetahuan umum, bahasa Inggris, dan membuat essay bahasa Indonesia. Seleksi dimulai dari pukul 09.00 WIB dan berakhir pada 15.30 WIB.

Pada seleksi ini, YES Alumni Indo juga mengadakan National Book Drive, yakni sumbangan buku-buku bekas yang dikumpulkan dan nantinya akan diberikan ke panti asuhan atau yayasan yang membutuhkan.

“Alhamdulillah pelaksanaan seleksi tahap satu dan pengumpulan buku National Book Drive-nya lancar dan sukses. Terima kasih kepada para panitia atas kerjasamanya yang solid.” Ujar Hengki Nora, Koordinator Sending Candidates Chapter Padang saat SMS temui setelah seleksi.

Pengumuman kelulusan seleksi akan diberitahukan via Facebook “Bina Antarbudaya Chapter Padang”, Twitter “@chapter_padang”, dan melalui web pendaftaran seleksi Bina Antarbudaya dua minggu sebelum seleksi kedua yang akan dilaksanakan pada 19 Mei mendatang. (*)

M. Rezki Achyana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: