My Experiences in Batam – Berbuka Puasa Bersama Keluarga Besar Putrakami se-Kepri

Tinggalkan komentar

Juli 30, 2012 oleh kikisenyo

Berbuka Puasa Bersama Keluarga Besar Putrakami se-Kepulauan Riau

            Sabtu minggu lalu adalah hari tersibuk selama gue di Batam. Hari itu gue dikasih cuti sehari untuk bantu-bantu di rumah, karena Bu Yul (mulai tulisan ini gue akan sebut Bu Yul sebagai Mama, atas permintaannya sendiri) akan mengadakan acara berbuka puasa bersama keluarga besar Putrakami se-Kepulauan Riau.

Sedikit informasi, SLB Putrakami yang dipimpin oleh Mama memiliki tiga cabang lainnya di Batu Aji, Pulau Tanjung Pinang, dan Pulau Tanjung Balai Karimun. Tempat gue volunteering adalah SLB pusat Putrakami, di Anggrek Mas 1.

Pagi hari jam 07.00 WIB, gue bareng Mama dan Ayah (sama seperti Bu Yul, Pak Pendi meminta gue memanggil dia dengan sebutan ayah) pergi ke Pasar Mega Legenda, di daerah Legenda Malaka.

Disana, kami membeli berbagai bahan makanan sebagai menu buka puasa di malam harinya. Mulai dari berbagai macam ikan, rempah-rempah, dan tambahan-tambahan lainnya. Total belanjaan seluruhnya Rp. 1.200.000,- memenuhi bagasi mobil. :p

           Sesampainya di rumah jam 9 pagi, semua anggota keluarga langsung bahu membuat beraneka ragam makanan. Selain host family, juga ada bantuan dari beberapa tenaga pengajar Putrakami Anggrek Mas yang juga diberikan cuti hari ini.

            Jam 15.00 WIB, guru-guru Putrakami cabang Tanjung Pinang datang ke rumah (Bengkong). Gue takjub ngelihat perjuangan mereka semua menyeberang pulau untuk menghadiri acara buka puasa bersama ini. Mereka begitu menghargai Mama, pimpinan mereka.

Acara buka puasa bersama ini juga dihadiri tetangga-tetangga sekomplek Bengkong Swadebi 1, dan kolega-kolega host parents gue. Sekitar 200 orang lebih datang memenuhi rumah. Gue juga mengundang seorang teman, Nugraha namanya. Itu loh, sesama finalis tes AFS/YES tahap nasional November depan yang pernah gue ceritain sebelumnya.

Gue ikut-ikutan panik di acara itu. Hidangan yang disediakan di meja makan cepat banget habisnya. Dan gue bertugas untuk menambahnya ke dapur. Hahaha

            At least, acara berbuka puasa itu seru banget! Gue ketemu teman-teman baru, yang merupakan anak-anak dari karyawannya Mama. Salah satunya Annisa, anak dari Bu Fera, guru Putrakami cabang Batu Aji.

Oh ya, karena jarak Batam – Tanjung Pinang itu jauuuuh banget, rombongan dari Tanjung Pinang yang datang jam 3 sore tadi nginap di rumah. Jadilah, gue dan Bram terdampar keluar, tidur di ruang tamu -___- sebagai anak laki-laki kami ngalah aja deh kamar kami dipakai😀 Cuma sehari kok, apa salahnya?

Hari itu, gue belajar bekerjasama, bersabar, dan mengalah. Terlebih saat proses memasak, iman puasa gue benar-benar dicoba. Hahaha. What a great day!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: