Menemukan Anak-anak Sholeh di Festival Anak Sholeh LDII

8

Juli 1, 2012 oleh kikisenyo

Menemukan Anak-anak Sholeh di Festival Anak Sholeh LDII

 Peserta Festival Anak Sholeh

    Padang – Minggu (1/7) lalu, Dewan Perwakilan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII – red) Kota Padang mengadakan Festival Anak Sholeh tingkat TPQ se-Kota Padang di Mesjid Miftahul Huda, Lubuk Minturun.

Kegiatan ini dihadiri oleh TPQ Pimpinan Cabang (PC) LDII se-Kota Padang, yakni Masjid Baitul Izza Siteba, Masjid Baitul Munir Sawahan, Masjid Baitur Rosyid Tunggul Hitam, Masjid Al-Ikhlas Ulak Karang, Masjid Miftahul Jannah Anduring, dan Masjid Miftahul Huda Lubuk Minturun.

Festival Anak Sholeh ini adalah yang pertama kalinya diadakan untuk tingkat Kota Padang. Sebelumnya, sudah dua kali diadakan untuk tingkat Sumatera Barat. Kegiatan ini didukung penuh oleh DPD LDII Kota Padang dan Penggerak Pembina Generus (PPG) Kota Padang.

Festival tahun ini mengangkat tema “Membangun Generasi Berkarakter Islami Mandiri dengan Kreatifitas dan Seni”. Acara pembukaan diadakan pukul 09.00 WIB di Gedung Serbaguna Masjid Miftahul Huda, dihadiri oleh Ketua MUI Kota Padang, Ketua DPD LDII Kota Padang, Camat Koto Tangah, Lurah Koto Panjang Ikur Koto, dan Ketua PPG Kota Padang.

Ada lima perlombaan yang diadakan dalam festival ini. Yakni lomba tilawati Al-Qur’an, Lomba Azan, Lomba Asmaul Husna, Lomba Hafalan Surat Pendek Juz ‘Amma, Lomba Mewarnai, dan Lomba Seni Pencak Silat ASAD. Untuk lomba mewarnai, ditujukan untuk peserta dengan umur 0 – 6 tahun. Sementara lima cabang lomba lainnya, untuk kategori umur 0 – 12 tahun.

Pelaksanaan dari masing-masing lomba adalah Gedung Serbaguna untuk lomba mewarnai dan Asmaul Husna, lantai satu masjid untuk lomba tilawati Al-Qur’an, lantai dua masjid untuk lomba azan, dan Gedung Pondok Pesantren Masjid Miftahul Huda untuk lomba hafalan surat pendek juz ‘Amma. Untuk lomba seni pencak silat ASAD, juga diadakan di Gedung Serbaguna, setelah waktu shalat Zuhur.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengisi liburan akhir tahun ajaran 2011/2012, mengukur kemampuan siswa TPQ tentang ilmu agama, meningkatkan kekompakann, kerukunan, dan silaturahmi antar PC LDII, serta mendukung program pemerintah Kota Padang untuk mewujudkan Kota Layak Anak.” Tutur Renol, Ketua Pelaksana Festival Anak Sholeh ini.

Apresiasi, semangat, dan antusiasme para peserta yang semuanya adalah anak-anak usia SD ini terlihat sangat tinggi. Mereka begitu semangat dalam perlombaan ini, untuk mendapatkan juara. Seperti Umar Hamdan dan Taufik Ramadhan, kelas 2 TPQ Masjid Miftahul Huda Lubuk Minturun yang mengikuti lomba tilawati Al-Qur’an, mengatakan mereka sudah memberikan yang terbaik untuk lomba ini. “Alhamdulillah, kami sudah memberikan yang terbaik. Sebelum perlombaan kami juga sudah diberikan persiapan di TPQ.” Ucap keduanya.

Ditanya mengenai harapan yang ingin dicapai setelah berlangsungnya festival ini, Renol menginginkan semua peserta dapat menjadi generasi penerus bangsa yang mengagungkan agamanya. “Selain itu, dapat mengimplementasikan ilmu agama untuk meraih 3 sukses, yakni berakhlakul karimah, faqih alim, dan mandiri.” Ucapnya.

Festival ini ditutup pada pukul 16.00 WIB setelah mengumumkan pemenang dari masing-masing cabang perlombaan. Juara umum dari festival ini adalah si tuan rumah, Masjid Miftahul Huda, yang berhasil meraih piala paling banyak. “Alhamdulillah, kegiatan ini sukses digelar. Terima kasih kepada setiap unsur terkait dalam kegiatan ini, dan seluruh panitia acara.” Ucap Renol saat acara penutupan. (*)

M. Rezki Achyana

8 thoughts on “Menemukan Anak-anak Sholeh di Festival Anak Sholeh LDII

  1. rahmi_ar mengatakan:

    “Selain itu, dapat mengimplementasikan ilmu agama untuk meraih 3 sukses, yakni berakhlakul karimah, faqih alim, dan mandiri.”

    aamiin…

  2. taufik mengatakan:

    اَلسَّالاَمُ عَلَيِْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَهِ وَبَرَكاَتُهُ
    Bisa minta alamat dan noner telpon masjid buat jujukan di kota padang? Yg dekat dengan jalan by pass air pacah? Ajkh. Mhon amshol balasan

  3. muhammad zakaria mengatakan:

    mohon bantuan nya pak ,,, klo alamat ldii di daerah steba dimana ya pak,, amsol kirim ke no saya pak 085691865527
    alhamdulillah jaza kumullohu khoira

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: