GuruKita | Werina – Lakukan Sesuatu yang Bermanfaat dan Menghasilkan

Tinggalkan komentar

Juni 29, 2012 oleh kikisenyo

Bu Werina

 

Hai sobat, sosok GuruKita minggu ini adalah guru fisika SMAN 3 Padang bernama Dra. Werina. Beliau adalah guru dengan pribadi yang tegas, professional, dan konsisten. Ia lahir di Solok pada 13 Juni 1964 dari pasangan (Alm) Hasan Basri dan Hj. Yusnani. Kini, beliau tinggal bersama suami dan tiga orang anaknya di daerah Belimbing, Padang.

Bu Werina, begitu ia biasa dipanggil, bercerita banyak hal kepada SMS saat diwawancarai Jum’at (4/5) lalu di sela-sela kesibukannya sebagai seorang guru.

Di SMAN 3 Padang, Bu Werina mendapatkan kepercayaan untuk menjadi pembina di beberapa organisasi sekolah. Sebut saja sebagai Pembina OSIS SMAN 3 Padang, Pembina Koperasi Siswa (Kopsis – red) SMAN 3 Padang, Pembina Pasukan Cokelat Adiwiyata SMAN 3 Padang, dan Pembina Ekstrakulikuler SMAN 3 Padang. Dapukan sebagai pembina di banyak organisasi sekolah ini diberikan kepada Bu Werina lantaran jiwa berorganisasi beliau yang tinggi. Ya, berorganisasi adalah salah satu hobi dari guru yang menyukai warna ungu ini.

Jika SMAN 3 Padang mengutus siswa untuk mengikuti lomba di luar sekolah, acap kali Bu Werina juga ditunjuk sebagai pembinanya. Seperti pada  tahun 2008, ia ditunjuk untuk menjadi Pembina Siswa Berprestasi SMAN 3 Padang se-Kota Padang. Yang lebih membanggakannya lagi, beliau adalah sosok pembina dibalik kesuksesan tim SMAN 3 Padang yang mewakili Sumatera dalam ajang lomba karya ilmiah yang diadakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI – red) di Vietnam pada 2011 lalu. Saat itu, SMAN 3 Padang masuk peringkat lima besar se-Indonesia dengan hasil karya bernama “Gosta Gigi Smantri”.

Dengan memegang teguh motto “Apapun yang dilakukan, haruslah sesuatu yang bermanfaat dan menghasilkan”. Pengamalan yang dilakukan Bu Werina dari mottonya tersebut adalah dengan tidak menyia-nyiakan waktu, dan berusaha mendapatkan sesuatu yang baru dari apapun yang dilakukannya; walaupun itu hanya sebuah informasi.

Guru yang juga memiliki status sebagi  wali kelas di kelas X/6 ini menamatkan pendidikan Sekolah Dasarnya di SD Bhayangkari Padang Baru. Kemudian melanjutkannya ke SMP Yos Sudarso. Kemudian untuk Sekolah Menengah Atas, beliau menamatkannya di SMA Taman Siswa.       Setelahnya, Bu Werina menamatkan S1-nya di IKIP (UNP sekarang – red) dengan jurusan Fisika.

Ditanyai mengenai paradigma siswa tentang fisika merupakan pelajaran yang sulit, Bu Werina mengungkapkan bahwa siswa masih belum mendapatkan trik belajar fisika yang bagus dan efisien. “Padahal fisika itu mudah kalau dipelajari sungguh-sungguh” terangnya.

Menutup perbincangan hari itu, guru yang juga memiliki hobi dalam bidang seni ini ikut berkomentar mengenai tayangan dan lagu yang pantas untuk anak-anak. “Dalam hal ini, dibutuhkan juga peran orang tua dalam memonitor anaknya agar tidak salah dalam menentukan tayangan yang dikonsumsi. Karena sesuatu hal mendasar didapatkan pertama kali oleh anak dari keluarganya.” Ujarnya. (*)

M. Rezki Achyana

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: