Jujur Itu Menyenangkan Loh!

Tinggalkan komentar

Maret 28, 2012 oleh kikisenyo

Jujur itu Menyenangkan loh!
Semua orang pasti pernah berbuat salah. Tak ada manusia yang luput dari kesalahan, termasuk berbohong. Ya, berbohong adalah salah satu kesalahan yang sering dianggap remeh oleh seseorang. Karena menganggap bohong adalah suatu hal yang biasa, dewasa ini semakin banyak pribadi yang rusak karenanya.
Berbohong bukanlah suatu sikap yang baik untuk dipraktekkan dalam kehidupan. Karena dengan berbohong hidup seseorang akan semakin kacau. Contohnya saja, seorang anak yang berbohong mengenai jumlah uang sekolah kepada orang tuanya. Ketika orang tuanya meminta kwitansi pembayaran, si anak pasti akan sulit untuk menjawab. Hal ini pasti akan menimbulkan masalah internal antara si anak dan orang tuanya, bukan?
Atau bayangkan jika ternyata orang tua tidak memberikan uang kepada anaknya karena suatu hal. Orang tua langsung membayarnya ke sekolah. Nah, jika ini terjadi, bukan tidak mungkin lagi akan ada masalah antara orang tua dan anak akibat sumbangnya informasi yang diberikan oleh si anak. Selain akan mendapatkan pertanyaan dari orang tuanya, ini adalah sebuah masalah juga antara si anak dan pihak sekolah. Akan banyak orang yang mengecap dirinya sebagai pembohong, dan orang-orang akan sulit untuk mempercayainya. Dengan contoh yang penulis berikan, bukankah sudah jelas bahwa berbohong adalah suatu hal yang akan membuat hidup sobat semua semakin berantakan?
Tidak ada orang yang suka dengan pembohong. Karena berbohong pada dasarnya adalah sebuah pengkhianatan. Lihat para pejabat kita sekarang, setelah diberikan jabatan yang tinggi dan terpandang, serta gaji yang menggiurkan, mengapa dia tetap melakukan korupsi? Padahal, korupsi jelas adalah sebuah extra ordinary crime, yang berarti kejahatan luar biasa, dan termasuk dalam golongan berbohong. Korupsi adalah sebuah tindak pengkhianatan terhadap negara. Lihatlah mereka para koruptor, apakah ada orang yang menyukainya? Melihat beritanya di televisi saja, banyak orang yang merendahkannya, dan mencacinya dengan hal-hal yang buruk.
Sekarang, coba kita balikkan pertanyaan. Apakah ada oorang yang tidak menyukai orang yang jujur? Tidak ada, kan? Semua orang suka dengan orang yang jujur. Karena jika dia diberikan sebuah kepercayaan, dia tidak akan membuat kita kecewa. Semua yang dilakukannya adalah bersih, dan tidak akan menimbulkan masalah.
Coba pandang kehidupan orang yang jujur, dia tidak akan pernah berkeluh kesah, karena apa yang diperbuatnya dilakukan dengan jujur. Tak akan ada masalah lain yang akan mengekori mereka jika berbuat suatu hal. Hidup mereka sangatlah tenang. Selain tidak digandrungi masalah, banyak orang yang menyukainya.
Nah, bagaimana? Jujur itu menyenangkan, ‘kan? Ayo, mulailah jujur dari dirimu sendiri! (*)

M. Rezki Achyana
SMAN 3 Padang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: