SMK BISA!

Tinggalkan komentar

Februari 3, 2012 oleh kikisenyo

Laporan Utama

SMK Bisa!

            Sekolah Menengah Kejuruan (SMK – red) adalah sekolah yang mewadahi peserta didiknya dalam mempersiapkan dunia kewirausahaan. Para siswa SMK diberi bekal mengenai hal-hal yang menjurus ke pekerjaan yang dicita-citakannya nanti. Disini, para siswa ditonjolkan dalam kegiatan praktek, ketimbang teori, karena mereka memang dipersiapkan untuk menghadapi dunia kerja.

Berbeda dengan SMA yang memiliki jurusan IPA dan IPS, SMK memiliki jurusannya tersendiri. Seperti tata boga, perhotelan, pariwisata, pemasaran, teknik, dan lain sebagainya yang menunjang para siswa untuk masuk ke dunia usaha.

Di SMA, peserta didik mempelajari dasar-dasar ilmu pengetahuan untuk menjadi ahli dalam bidang ilmu pengetahuan. Sementara di SMK, para siswa dididik untuk menjadi pribadi yang ahli dalam bidang kewirausahaan, seperti menjadi chef, mekanik, guide dan ahli boga.

Seperti yang diungkapkan Nadea Putri Kusuma Atmaja, siswi jurusan jasa boga SMKN 9 Padang, “Di SMK kami belajar seperti sekolah pada umumnya. Cuma bedanya, di jurusan jasa boga ini, ada pelajaran tambahan, seperti service, makanan continental, makanan Indonesia, dan lainnya. Semuanya ditujukan agar siswa mempunyai skill tersediri dalam bidang ini.”

Persiapan kerja yang dimulai dari SMK memang sangat dibutuhkan untuk membuat pribadi yang siap kerja dan diperhitungkan. Lulusan SMK adalah orang-orang yang professional dalam bidangnya, yang mampu mengubah negeri ini menjadi lebih baik lagi.

Mendapat pernyataan seperti yang disebutkan diatas, Yulia Oksi Yulanda dari SMAN 3 Padang angkat suara. “Walaupun aku siswa SMA, tapi aku sangat setuju dengan pernyataan yang mengatakan lulusan SMK adalah orang-orang professional. Karena selama dididik, mereka mendapatkan pembekalan yang cukup untuk terjun ke dunia kerja. Mereka sudah matang dalam menghadapi dunia kewirausahaan yang akan dihadapinya.”

Ditanyai mengenai perbedaan SMK dengan SMA, Niko Syahputra, siswa jurusan teknik otomotif SMKN 5 Padang menjawab, “Di SMK, bakat-bakat yang ada dalam diri siswa dapat berkembang dan terasah. Karena antara praktek dan teori berjalan seimbang.”

Beberapa waktu lalu, Indonesia heboh dengan mobil ‘Kiat Esemka’ yang dibuat siswa SMK di Jawa. Ini adalah salah satu bukti bahwa siswa SMK adalah orang-orang yang kreatif dan memiliki kemampuan yang patut diperhitungkan. Mobil yang dibuatnya juga memiliki fitur-fitur canggih dan begitu menarik masyarakat. Hal ini berhasil membuat paradigma mayarakat yang dulunya beranggapan ‘SMK adalah pilihan yang tidak bagus untuk sebuah sekolah lanjutan’ berubah. Malah, kini semakin banyak orang tua yang bangga anaknya diterima di SMK.

“SMK memang bagus, karena mengasah kemampuan peserta didiknya sejak dini. Dan mobil Kiat Esemka itu adalah salah satu hasil dari siswa SMK.” Ujar Omi Yulianti Akhira, siswi SMAN 10 Padang.

Melihat kemajuan yang ditunjukkan peserta didik SMK seperti ini, membuat masyarakat mulai melirik SMK sebagai sekolah lanjutan pilihannya. Bukan tanpa alasan, tapi SMK memang memproduksi orang-orang unggulan dalam berbagai macam bidang.

Dalam kesempatan kali ini, SMS mendapatkan narasumber dari tiga SMK unggulan di Kota Padang. Yakni SMKN 3 Padang, SMKN 6 Padang, dan SMKN 9 Padang. SMS meminta mereka untuk memperkenalkan sekolahnya, dan mereka terlihat bersemangat menjawabnya.

Melisa Yustisia Elfiza, dari jurusan marketing SMKN 3 Padang, “Di SMKN 3 Padang, ada tiga jurusan. Yakni manajemen bisnis / marketing, pekantoran, dan akuntansi. Disini, kami diasah untuk menjadi pegawai kantor, bank, atau pemasaran yang handal. SMKN 3 Padang adalah sekolah yang menyenangkan.”

Mulia Putri, jurusan jasa boga SMKN 6 Padang, “Disini, ada banyak sekali jurusan. Yakni perhotelan, jasa boga, pati seri, tata kecantikan rambut, tata kecantikan kulit, dan teknologi komputer jaringan. SMKN 6 Padang adalah sekolah yang bagus.”

Dan Intan Defri PS, jurusan perhotelan SMKN 9 Padang. “SMKN 9 Padang memiliki tiga jurusan. Yakni perhotelan, pati seri, dan jasa boga. Kami selalu diminta untuk melakukan yang terbaik, dan menjadi orang-orang yang professional.”

Persiapan menjadi seorang professional memberikan banyak harapan dari pelajar SMK. Seperti yang diungkapkan Adelini, siswi SMKN 2 Padang jurusan usaha perjalanan pariwisata, dan Aulia Syufina, SMKN 3 Padang. “So pasti harapan aku dapat membuka lahan pekerjaan sendiri, atau mendapat kerja secepatnya setelah tamat nanti, biar nggak ngerepotin orang tua terus dalam urusan belanja. Amin.”

Harapan lainnya disampaikan Lia Andini, jurusan jasa boga SMKN 6 Padang yang ingin membuka usaha catering. Juga dari Gevi Rahmadia Nigrum, jurusan tata kecantikan rambut SMKN 6 Padang yang ingin membuka salon sendiri demi membahagiakan orang tua. Dan dari Yola Rahmadhani, jurusan jasa boga SMKN 6 Padang, yang ingin terus melanjutkan pendidikannya hingga bangku kuliah.

“Aku yakin, pelajar SMK pasti akan berhasil. Good luck untuk selurus siswa SMK!” ucap Bevrian Hendra, SMAN 10 Padang.

Hasil liputan M. Rezki Achyana dkk

»

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: