Rencana Menghadapi Tahun 2012

2

Desember 31, 2011 oleh kikisenyo

Rencana Menghadapi Tahun 2012

          Banyak pengalaman berharga yang sama-sama kita lewati pada 2011 lalu. Mulai dari berbagai senyum, beragam tawa, beberapa kesedihan dan tangisan kehilangan. Juga banyak kegiatan dan kenangan berharga yang tersimpan di memori otak kita. Semuanya sudah berlalu dan akan menjadi bagian dari sejarah hidup kita masing-masing.

Pada tahun baru ini, seyogyanya kita juga membuat sebuah perubahan baru, kegiatan-kegiatan baru, dan beragam ekspresi yang baru. Diutamakan kegiatan-kegiatan itu adalah sesuatu yang baru dan berguna untuk kehidupan kita sendiri. Nah, disini SMS akan mengintip beberapa ide teman-teman kita dalam perencanaannya menghadapi tahun 2012 ini.

Dilihat dari Twitter, semangat masyarakat Indonesia khususnya Kota Padang dalam menjalani kehidupan barunya di 2012 sangatlah besar. Para tweeps pada awal tahun ini berbondong-bondong menggunakan hastag #2012resolution di tweet-nya, yang isinya rencana kedepan dan harapan mereka pada tahun baru 2012 ini. Seperti dikutip dari timeline Yasmina Rahmi Fariz, @ameeFRZ, siswi SMAN 1 Solok, “Tahun depan saya akan berusaha untuk bisa menerbitkan buku kumpulan cerpen yang saya ciptakan sendiri. Amin.”

            Berbagai rencana positif pasti sudah terpikirkan oleh sobat semua. Salah satunya, mengubah diri menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Sama seperti yang diucapkan oleh Gibran Frisha Wahab, dari SMAN 7 Padang. “Rencanaku untuk tahun depan, aku ingin menjadi pribadi yang baik dan bisa lebih membanggakan orang tua, guru, dan sekolah. Tinggalkan urusan band, dan marching bang. Amin.”

Mungkin untuk beberapa orang, perencanaan adalah sesuatu yang tidak terlalu penting untuk dipikirkan. Tapi, sebelumnya coba lihat pendapat teman kita, Marni Berliani Putri, dari SMAN 12 Padang. “Perlunya perencanaan atau resolusi untuk tahun ke depannya sangat berkaitan erat dengan apa yang akan kita raih di kedepannya. Karena apa yang kita rencanakan akan memberikan sebuah manfaat untuk diri kita sendiri. Sedangkan, jika kita tidak memiliki rencana untuk menghadapi tahun yang akan kita hadapi selanjutnya, maka tidak ada perubahan dalam diri kita. Dan itu sama saja dengan menyia-nyiakan waktu, karena tahun yang kita lewati selanjutnya itu akan sama saja dengan tahun sebelumnya.”

Tiga sekawan Riska Erza Yunanda, Haris Kurnia, dan Aditya Permana Oscar yang masing-masingnya berasal dari SMAN 13 Padang, SMAN 2 Padang, dan SMA PGRI 1 Padang memiliki satu suara yang sama mengenai pentingnya sebuah perencanaan dalam menghadapi tahun 2012 ini. “Planning itu sangat penting untuk menata kehidupan di masa mendatang. Sehingga hidup menjadi lebih terarah dan terkonsep. Karena dengan memasang rencana dan target yang ingin dicapai, sudah pasti kita akan mudah mengatur strategi dan mengambil ancang-ancang untuk mewujudkannya, sehingga menjadi pribadi yang lebih baik untuk kedepannya.”

Dalam pendidikan, pelajar Kota Padang juga memiliki planning-nya tersendiri. Seperti yang diungkapkan Latessa Muraza dari SMAN 12 Padang. “Resolusiku untuk tahun 2012 mendatang, agar aku bisa lulus UAS dan UN dengan nilai yang memuaskan. Juga, bisa masuk SMPTN di perguruan tinggi negeri sesuai dengan jurusan yang diinginkan. Selain itu, aku juga ingin menjadi pelajar yang aktif dan mampu menjadi inspirasi untuk masyarakat. Dan bisa memanfaatkan waktu semaksimal mungkin.”

Pelajar Kota Padang lainnya juga memiliki target dan rencana tersendiri dalam menghadapi tahun 2012 yang akan datang. Seperti yang diungkapkan Khairani Saladin dari SMAN 10 Padang. “Targetku untuk tahun mendatang lumayan banyak. Seperti amalan di 2012 semakin meningkat, bisa lulus OSN Ekonomi, mampu membahagiakan orang tua, guru, dan teman-teman di 11 IPS. Dan untuk menggapai semua target itu, caraku adalah dengan berdoa dan berusaha dengan sungguh-sungguh. Karena untuk mendapatkan sesuatu, kita harus berusaha secara maksimal, dan tidak terlalu berharap tapi juga yakin kepada kemampuan kita sendiri.”

Nah, itulah rencana-rencana dari teman-teman kita. Apa rencanamu?

 

M. Rezki Achyana

2 thoughts on “Rencana Menghadapi Tahun 2012

  1. odisumantri mengatakan:

    Semoga resolusi nya tercapai, amin

    salam silaturahmi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: