SMAN 3 Padang Adakan LDK

Tinggalkan komentar

Desember 5, 2011 oleh kikisenyo

Untuk melatih kepemimpinan dalam berorganisasi, SMAN 3 Padang mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) untuk anggota OSIS, MPK, perwakilan ekskul, dan perwakilan kelas. Kegiatan ini dilaksanakan pada 2 hingga 4 Desember 2011 di dua tempat, yakni perkemahan di Batu Busuak Limau Manih, serta di SMAN 3 Padang.
“Para peserta LDK ini adalah calon pemimpin masa depan. Mereka akan memulai kepemimpinannya dalam skala terkecil terlebih dahulu, yakni dari sekolahnya sendiri. Oleh karena itulah, anggota OSIS, MPK, perwakilan ekskul, dan perwakilan masing-masing kelas ini harus mendapatkan pembekalan cara memimpin yang baik.” Ujar Yul Ardi, pembina LDK pada SMS.
Setelah dibuka secara resmi pada Jum’at (2/12) oleh Kepala SMAN 3 Padang Monalisa, LDK 2011 ini pun dimulai. Acara pagi itu dilaksanakan di aula SMAN 3 Padang yang diisi tentang sosialisasi mengenai tujuan LDK. Sosialisasi ini dibawakan oleh  Yul Ardi hingga pukul 11.00 WIB, yang merupakan waktu break untuk melaksanakan shalat Jum’at.
Pada pukul 14.00 WIB sesudah shalat Jum’at, peserta LDK yang berjumlah 90 orang dan sudah dibagi menjadi delapan kelompok ini berangkat ke Batu Busuak menggunakan tiga buah bis.
Di Batu Busuak yang merupakan area perkemahan, seluruh peserta melakukan banyak kegiatan. Mulai dari bersih-bersih, membuat irigasi, dan lain sebagainya. “Para peserta harus mengutamakan kekompakan dalam kegiatan-kegiatan ini.” ucap Rahmi Fitri, salah satu panitia inti LDK 2011 ini.
Berbagai kegiatan dilakukan hingga pukul 19.00 WIB, dilanjutkan dengan istirahat dan melaksanakan ibadah shalat Maghrib serta Isya. Saat itu, cuaca di Batu Busuak amat sangat tidak bersahabat. Hujan badai membuat peserta LDK harus berhati-hati dalam setiap kegiatannya.
Badai tak kunjung berhenti hingga pukul 22.00 WIB. Hal ini membuat beberapa acara yang seharusnya dilaksanakan malam itu tidak dapat dilangsungkan. Dan karena mencemaskan hal-hal yang tak terduga nantinya, panitia beserta pembina LDK membuat sebuah keputusan untuk kembali ke sekolah dan mengadakan kegiatan disana.
Para peserta LDK kembali ke sekolah menggunakan tiga mobil pick-up pada tengah malam saat hujan sudah agak reda. “Kami tidak mau mengambil resiko jika badai kembali menerjang. Apalagi perkemahan kita berada sangat dekat dengan sungai.” Tutur Afdhal Kurniawan, Penanggung Jawab LDK 2011, saat peserta kembali packing barang bawaannya untuk balik ke sekolah.
Dan jadilah, untuk hari kedua LDK, Sabtu (3/12), kegiatan dilaksanakan di SMAN 3 Padang. Sabtu mendung itu diisi dengan berbagai kegiatan, yakni sosialisasi cara berkomunikasi, sosialisasi cara bertindak, dan berbagai permainan yang memerlukan kekompakan, tanggung jawab, pilihan, dan komunikasi antar anggota kelompok.
Kegiatan pada hari kedua LDK berlangsung sesuai jadwal. Walaupun tidak di alam, para peserta terlihat tetap antusias  dalam mengikuti rentetan acara. “Batu Busuak ataupun sekolah, LANJUTKAN! Hahaha.” tawa Febrian Qodri, peserta LDK yang merupakan anggota OSIS SMAN 3 Padang.
Pada malam harinya, tepat tengah malam, seluruh peserta dan panitia LDK membakar api unggun di tengah lapangan SMAN 3 Padang. Masing-masing kelompok juga diminta untuk menampilkan kebolehannya dalam bernyanyi di tengah hangatnya api unggun tersebut. Pada kegiatan ini, kebersamaan dan kekompakan antar sesama terlihat amat kental.
Di hari terakhir LDK, Minggu (4/12), seluruh peserta dengan kelompoknya masing-masing melaksanakan Hiking mengitari Gunung Pangilun. Kegiatan ini berlangsung sejak pukul 06.00 WIB. Ada lima pos yang harus dilewati, dan disana setiap kelompok akan mendapatkan pertanyaan yang harus dijawab di pos selanjutnya. “Kegiatan hiking ini bertujuan untuk memupuk rasa kepemimpinan dalam diri para siswa, seperti tanggung jawab, kebersamaan, kekompakan, dan lain sebagainya.” Ucap Afdhal Kurniawan lagi pada SMS.
Pukul 10.00 WIB, kegiatan hiking untuk seluruh kelompok akhirnya selesai. Setelah sarapan dan mandi, apel penutupan LDK dengan segera dilaksanakan.
 Effendi, wakil kesiswaan SMAN 3 Padang bertindak sebagai pembina apel pada apel penutupan LDK ini. Di dalam amanat yang disampaikannya, ia sekaligus menutup LDK 2011 dengan resmi.
“Walaupun tidak dilaksanakan di Batu Busuak, namun LDK 2011 ini sudah bisa dikatakan sukses. Terima kasih untuk semua yang terlibat dalam kegiatan ini.” tutup Afdhal Kurniawan, Penanggung Jawab LDK 2011.
M. Rezki Achyana
SMAN 3 Padang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: