Meriahnya KANVAST 2011

Tinggalkan komentar

November 21, 2011 oleh kikisenyo

Meriahnya KANVAST 2011
Baju Kuruang Basiba

Baju Kuruang Basiba

           
Padang – Dalam rangka ulang tahun SMAN 3 Padang yang ke 34, OSIS dan MPK SMAN 3 Padang mengadakan sebuah acara besar bernama KANVAST – Pekan Festival Smantri. Festival ini berlangsung dari tanggal 2 hingga 5 November 2011, bertempat di SMAN 3 Padang.
            Selama KANVAST ini digelar, Proses Belajar Mengajar (PBM) di SMAN 3 Padang ditiadakan. “Ini baralek sekolah kita!” ucap Yul Ardi, Ketua Panitia KANVAST 2011.
            Beragam acara dilangsungkan dalam kegiatan ini. Yakni Smantri  Science Competition tingkat SMP se-Kota Padang, English Speech Contest dan Nihon Bunhon tingkat SMP dan SMA se-Sumatera Barat, Lomba Debat Anti Korupsi tingkat SMA se-Sumatera Barat, Solo Song tingkat SMP dan SMA se-Sumatera Barat, serta Peragaan Busana Baju Kuruang Basiba tingkat SMP dan SMA se-Sumatera Barat.
            Festival ini turut diramaikan oleh banyaknya stand makanan, minuman, accecories, dan pakaian yang didirikan oleh para siswa. Stand ini didirikan di lapangan dan di depan kelas mereka masing-masing. Mendirikan stand dalam festival ini juga diperlombakan untuk siswa-siswi SMAN 3 Padang.
            Bukan hanya di lapangan, di dalam kelas pun, juga diadakan acara-acara yang menarik. Kelas-kelas tersebut dirombak habis dan diubah menjadi sebuah tempat yang baru. Seperti bioskop, diskotik, photo studio, rumah hantu, magic show, jungle, dan lain sebagainya. Untuk masuk ke dalamnya, cukup membayar tiket dengan harga yang sangat terjangkau. Mulai dari Rp. 1.000,- sampai Rp. 3.000,-.
            Pembukaan KANVAST ini dilangsungkan pada Rabu (2/11), di aula SMAN 3 Padang yang juga dihadiri oleh para peserta Smantri Science Competition (SSC – red). Dengan derasnya hujan, tak menyurutkan tekad para peserta olimpiade sains itu untuk menghadiri acara pembukaan yang dimulai pada 08.00 WIB itu.
            Sekitar pukul 10.00 WIB, para peserta SSC diminta untuk masuk ruang ujiannya masing-masing. “SSC adalah olimpiade Sains tingkat SMP se-Kota Padang dengan bidang Matematika, Fisika, dan Biologi yang ditujukan untuk menjaring bibit-bibit unggul siswa dalam bidang Sains.” tutur Ikhwan, Ketua OSIS SMAN 3 Padang yang juga merupakan Wakil Ketua Pelaksana KANVAST.
            SSC berlangsung hingga pukul 12.30 WIB. Dan pukul 16.00 WIB, para peserta lomba sudah bisa melihat hasil pertandingan tersebut. Dari hasil tersebut, sekitar 20 orang untuk masing-masing bidangnya berhasil masuk ke babak final yang dilangsungkan pada Kamis (3/11).
            Di hari kedua, pada Kamis (3/11), dilangsungkan empat buah acara. Yakni Final Smantri Science Competition, Nihon Bunhon (Pidato Bahasa Jepang – red), English Speech Contest (Pidato Bahasa Inggris – red), dan Debat Anti Korupsi.
            Final SSC dilangsungkan sejak pukul 08.00 WIB di lantai 2 Gedung A SMAN 3 Padang. Dan pada waktu yang sama, Nihon Bunhon juga dilangsungkan di halaman luar SMAN 3 Padang, serta Debat Anti Korupsi di aula SMAN 3 Padang. Langkah ini diambil untuk mengefektifkan waktu yang tersedia, mengingat banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan-kegiatan ini. Juri untuk Lomba Debat Anti Korupsi salah satunya adalah anggota dari KPK sendiri.
            Pukul 10.00 WIB, giliran English Speech Contest yang diadakan. Tema pidato adalah anti korupsi. Lomba berlangsung hingga sore.
            Di hari ketiga, Jum’at (4/11), Solo Song dan Peragaan Busana Baju Kuruang Basiba-lah yang menarik perhatian. “Suara merdu para kontestan seakan jadi penghibur di hari dengan hujan lebat ini. Begitu pula dengan peragaan busananya, seakan jadi penghibur untuk mata kami semua. Hahaha.” Tutur siswa-siswi kelas X.3 yang ditemui di stand es telernya.
            Acara di hari ketiga ini berlangsung hingga sore pula. Dengan break selama waktu shalat Jum’at.
            Pada Sabtu (5/11) adalah hari terakhir Festival ini. Pada hari itu diumumkanlah para pemenang dari masing-masing perlombaan. Para pemenang mendapatkan piala, sertifikat, dan uang tunai. Tampak, wajah senang terpancar dari wajah mereka.
            Dan di hari terakhir itulah, Pekan Festival Smantri ini ditutup. “Alhamdulillah, acara yang berlangsung selama empat hari ini sukses digelar!” tutup Rahmi Fitri, Ketua Pelaksana Pekan Festival Smantri.
M. Rezki Achyana

SMAN 3 Padang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: