Dear Diary, Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual

2

November 21, 2011 oleh kikisenyo

Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual

            Hei ry, hari ini gue mau bagi-bagi cerita lagi nih. Cerita ini terjadi hari Jum’at lalu waktu jam sekolah sedang berlangsung. Hari itu guru gue nggak masuk, ry. Makanya pas di kelas gue lebih milih online di laptop.

Eh, saat gue lagi asyik-asyiknya buka facebook, twitter, dan googling, Pak Effendi wakil kesiswaan datang ke kelas. Gue pikir mau ada razia mendadak, makanya laptop langsung aja gue tutup. Trus, Pak Effendi malah nyuruh gue, Surya, Irfan, Inne, dan Ditri  keluar dari kelas. Dia minta kami berlima untuk masuk ke dalam aula. Gue nggak tau mau ngapain di aula, tapi gue ikutin aja perintahnya. Di dalam hati gue takut banget. Mungkin aja gue bakal nerima hukuman.

Nyampe di aula, ternyata banyak siswa lainnya yang juga bernasib sama kayak gue. Tapi perlakuan yang gue dapat di aula ini rasanya bukan untuk menerima sebuah hukuman, ry. Masa’ untuk hal seperti itu kami semua malah disuruh duduk di atas tikar? Dari sinilah, gue mulai ngerasa bahwa gue adalah orang terpilih untuk sebuah kebaikan.

Dan ternyata, dugaan gue nggak salah ry. Gue dipanggil ke aula bersama empat orang teman gue ini untuk mengikuti sosialisasi! Haha. Ini adalah sosialisasi mengenai Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dari Kementrian Hukum dan Hak Azazi Manusia (KeMenKumHAM). Sebelumnya gue nggak pernah tahu apa HKI itu, ry. Tapi setelah mengikuti sosialisasi ini, gue baru mengerti dengan semua ini.

Hak Kekayaan Intelektual adalah hak seseorang untuk mempertahankan hak cipta invensinya, baik itu adalah invensi baru ataupun perkembangan dari invensi sebelumnya. Makna dari invensi itu sendiri adalah penemuan dan hasil karya yang memiliki manfaat dalam kehidupan manusia.

Lebih dalam lagi, syarat-syarat agar sebuah invensi dapat didaftarkan hak patennya ada tiga. Yakni kebaruan, langkah inventif, dan dapat diterapkan dalam dunia industri. Merk juga termasuk dalam salah satu invensi yang bisa dibuatkan patennya.

Dalam sosialisasi itu ry, banyak hal baru yang bisa gue dapatkan. Salah satu yang lain adalah, ternyata tulisan-tulisan gue yang banyak itu bisa dipatenkan sebagai hak cipta milik gue sendiri. Ya, biar nggak ada yang menjiplak begitu saja dan gue bisa dapat keuntungan dari hak yang gue punya. Menarik bukan?

Sosialisasi hari itu sungguh menyenangkan. Tapi sayang, gue nggak berhasil mendapatkan hadiah flashdisk dan mug yang disediakan. Hahaha. Kasian ya gue.. Tapi, pengalaman ini memang bermanfaat untuk gue. Two thumbs up deh untuk sosialisasi itu!😀

M. Rezki Achyana

SMAN 3 Padang

*Tulisan ini juga akan diterbitkan di Harian Umum Independen Singgalang, Halaman Singgalang Masuk Sekolah, Rabu, 23 November 2011 mendatang.

2 thoughts on “Dear Diary, Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual

  1. erick_saropie mengatakan:

    Hi makasih yah sudah share tentang sosialisasi kita.. Ingetin temen ² yg lain yah… °\(^▿^)/ (σ`▽´)-σ

Tinggalkan Balasan

