SMAN 3 Padang Gelar Hiking

Tinggalkan komentar

Oktober 23, 2011 oleh kikisenyo

SMAN 3 Padang Gelar Hiking

            Dalam rangka pembelajaran luar sekolah, pada Minggu (23/10) lalu, SMAN 3 Padang mengadakan hiking untuk kelas X ke Pantai Air Manis. Kelas yang ikut serta dalam hiking kali ini terdiri dari lima lokal, mulai dari kelas X/1 hingga X/5.

Sebelumnya, pada Minggu (16/10), lima lokal yang lain sudah melakukan kegiatan hiking ini. Kegiatan ini dibagi menjadi dua kali perjalanan mengingat banyaknya siswa yang tergabung dalam perjalanan ini.

Kegiatan hiking ini merupakan bagian dari Proses Belajar Mengajar (PBM) fisika dan geografi. Tak ayal, dalam perjalanan ini tampak banyak siswa membawa beberapa peralatan labor yang akan digunakan dalam penelitian di Pantai Air Manis nantinya.

Dalam acara ini, turut dilibatkan beberapa guru SMAN 3 Padang sebagai pembimbing sekaligus pendamping para siswa. Mereka adalah guru-guru fisika dan geografi SMAN 3 Padang, yang terdiri dari Effendi, Ifna Sukmi, Armaili, Fitrianti Anas, dan Dewi Sakti. Sementara untuk keamanan, turut dikerahkan Bobi, Riki, dan Doni, yang merupakan penjaga sekolah SMAN 3 Padang.

Hiking ini dimulai dari Jembatan Siti Nurbaya, dan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Pantai Air Manis. Para siswa tampak antusias dan senang mengikuti perjalanan ini. Apalagi dengan rute perjalanan yang memasuki hutan, menuruni jurang, dan berinteraksi dengan alam.

Dalam perjalanan ini, tampak para siswa amat mementingkan kerjasama dalam menakhlukkan rute yang ditempuh. Seperti saat menuruni jurang, para siswa tampak saling membantu teman-temannya yang lain.

Sekitar pukul 08.30 WIB, akhirnya seluruh siswa sampai di tujuan, Pantai Air Manis. Setelah beristirahat sejenak, guru-guru segera meminta para murid untuk menyelesaikan Lembaran Kerja Siswa (LKS) fisika dan geografi yang telah diberikan sebelum perjalanan ini dimulai. Para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang masing-masing kelompoknya terdiri dari sepuluh orang. Di acara ini pun, juga tampak kerjasama yang kental antar siswa dalam menyelesaikan soal-soal diskusi yang harus mereka teliti di tempat.

            Setelah dua setengah jam berdikusi dan menjawab LKS, seluruh siswa diberi konsumsi berupa nasi bungkus. Kemudian, diperbolehkan untuk bermain air di pantai tersebut. Banyak siswa yang memilih untuk mandi di tengah laut, ada juga yang bermain banana boat, juga yang bermain ke Batu Malin Kundang. Namun juga tak sedikit siswa yang tidak ikut serta di jam bebas ini.

Jam bebas ini berakhir pada pukul 13.00 WIB. Selanjutnya, para siswa diberi waktu untuk mengeringkan pakaiannya.

“Acara ini diadakan untuk me-refresh otak siswa, agar juga bisa merasakan indahnya alam sambil tetap belajar.” Tutur Ifna Sukmi, guru geografi yang biasa dipanggil Bu Uut, pada SMS.

“Ini acara yang sungguh menyenangkan! Walaupun kami tetap menuntut ilmu, tapi kami semua tidak merasa terbeban dengan LKS yang diberikan. Aku dan semuanya benar-benar merasa bebas!” ucap Inne Vidyano, salah satu siswi kelas X/3.

Pukul 15.00 WIB, adalah jadwal untuk pulang. Untuk kembali ke SMAN 3 Padang, guru-guru memiliki sebuah rencana agar hari ini menjadi hal yang tak terlupakan oleh para siswa. Rencana tersebut adalah dengan menyewa mobil TNI AD sebanyak tiga kontainer.

“Nggak pernah berpikir kalau pulangnya bakalan naik mobil sebesar ini. Rasanya kayak jadi tahanan kriminal! Hahaha.” Ucap M. Imam Habibie A, siswa X/5 dengan tertawa lebar. (*)

M. Rezki Achyana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: