Mewabahnya Boyband dan Girlband di Indonesia

Tinggalkan komentar

Oktober 9, 2011 oleh kikisenyo

Mewabahnya Boyband dan Girlband Indonesia

            Sobat SMS semua pasti tahu ‘kan dengan wabah Boyband dan Girlband yang sedang melanda Indonesia sekarang? Wabah yang bagaikan penyakit itu menyihir masyarakat untuk ikut terjangkit di dalamnya. Mulai dari anak kecil, remaja, dan dewasa sudah merasakan demam Boyband dan Girlband ini. SM*SH, XO-IX, MAX5, Cherrybelle, dan 7Icon, adalah beberapa nama dari Boyband dan Girlband tersebut, yang kini sangat digemari masyarakat.

SMS sudah mendapatkan beberapa narasumber dari pelajar Kota Padang mengenai hal ini. Seperti yang dikatakan Yulia Oksi Yulanda dari SMAN 3 Padang. “Wabah yang menarik ini sangat bagus jika melanda Indonesia. Karena hal ini menambah keanekaragaman musik tanah air. Jujur, aku excited banget dengan banyaknya boyband yang semakin marak ini.” ucap Yulia sambil tersenyum.

Berbicara mengenai Boyband dan Girlband, pasti sempat terlintas di benak kita, bagaimana asal usul lahirnya remaja-remaja dengan bakat vokal dan dance yang memukau itu. Menurut M. Rizki Syahputra, yang juga merupakan siswa SMAN 3 Padang, hal ini berakar pada trend Boyband dan Girlband yang kini juga tengah melanda negara Korea. Yang kita tahu, juga memiliki segudang remaja keren dengan group­-nya sendiri. “Karena Boyband dan Girlband Korea juga sangat bagus  dan memiliki banyak fans di Indonesia, hal ini membuat sebuah inspirasi di negara kita ini untuk turut membuat sebuah trend seperti itu. Jadi jangan heran dengan adanya wabah seperti ini. Hehe.”

Lain dengan Nabila Atika Armelia dari SMAN 1 Padang, yang berpendapat sedikit ‘dingin’ dengan asal-usul lahirnya Boyband dan Girlband ini. “Menurut aku sih, Boyband dan Girlband di Indonesia jadi menjamur gini karena adanya prospek bahwa memiliki group seperti itu akan menjadi sosok yang bagus dan digemari. Mengingat, Boyband dan Girlband yang ada di luar negeri saja digilai oleh masyarakat Indonesia.”

Karena ide untuk membuat Boyband dan Girlband semacam ini masih sesuatu yang baru di Indonesia, mungkin inilah penyebab mengapa sangat banyak kemiripan dengan Boyband dan Girlband yang ada di Korea. Mulai dari pakaian, make-up, hingga dance-nya. Dan, inilah pendapat dari Gabelly Sharmila, siswi SMAN 7 Padang, mengenai kemiripan-kemiripan yang tampak jelas itu. “Boyband dan Girlband Indonesia nggak bisa mencari style sendiri. Terlalu meniru dengan yang ada di Korea. Ditambah lagi, kebanyakan dari mereka masih menggunakan lipsinch, yang membuat kita semua tidak tahu bagaimana kualitas suara mereka yang sebenarnya. Ini yang namanya nggak kreatif!”

Restu Fani, siswi SMPN 7 Padang, dan Gesyca Rikhfalina SMAN 2 Padang ikut berkomentar tentang hal ini. Namun pendapatnya sangat bertolak belakang dengan apa yang diberikan oleh Gabelly Sharmila. “Sebenarnya nggak bisa dibilang meniru sih. Karena Boyband dan Girlband Korea bisa dibilang senior, dan yang di Indonesia sebagai junior. Dan layaknya junior, Boyband dan Girlband Indonesia pasti akan mengikuti dan mempelajari gaya seniornya, ‘kan? Dan seiring berjalannya waktu, Boyband dan Girlband Indonesia pasti bisa membuat style-nya sendiri kok!” jawab Restu pada SMS dengan mantap.

Salah satu reporter SMS, Indria Febrianti, yang bersekolah di SMA PGRI 1, ikut meliput dan mewawancarai beberapa temannya mengenai kasus Boyband dan Girlband ini. Dan didapatkanlah informasi sebagai berikut. “Rata-rata siswa di SMA PGRI 1 ini menyukai SM*SH, Cherrybelle, dan 7Icon sebagai Boyband dan Girlband Indonesia favoritnya. Alasannya, karena para personil dari Boyband dan Girlband tersebut memiliki paras yang elok, suara yang khas, dan juga memiliki gerak tubuh yang lincah.”

Bahkan, Indria mengatakan bahwa hampir semua siswa di sekolahnya tersebut hafal lagu-lagu yang dibawakan Boyband dan Girlband tersebut. Salah satunya adalah lagu I Heart You, yang dibawakan oleh SM*SH.

Terlepas dari sisi baik dan buruknya, Boyband dan Girlband yang sedang menjamur di negara kita ini memang membawa sebuah perubahan yang besar di bidang musik. Belantika musik Indonesia kini sudah semakin beraneka ragam dan semakin dicintai oleh para penikmatnya. Biarkanlah dahulu remaja-remaja berbakat itu menampilkan aksinya. Selanjutnya, kita sebagai pendengarlah yang menentukan mereka untuk terus maju atau menghentikan langkahnya. Semoga Boyband dan Girlband Indonesia semakin berjaya ke depannya. Amiin… (*)

 

M. Rezki Achyana, Indria Febrianti,

Carissavany Agrepina, Irma Garnesia,

Lailatul Himni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: