Peringatan 2 Tahun Gempa Sumbar: Minim Peziarah Hari Ini

Tinggalkan komentar

September 30, 2011 oleh kikisenyo

Padang –Hari ini adalah tepat dua tahun peristiwa gempa besar yang meluluhlantakkan Sumatera Barat. Gempa berkekuatan 7,9 SR itu memakan sedikitnya 1172 orang korban tewas, dan ribuan luka-luka serta kehilangan tempat tinggal.Gempa besar pada akhir bulan September itu juga sangat merugikan Sumatera Barat dalam berbagai aspek. Dan ini sangat terlihat pada kerugian materi yang mencapai Rp 1,1 Triliun. Para korban yang tewas akibat gempa tersebut dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing. Dan untuk warga asli Padang, saat itu pemerintah membuat sebuah tempat pemakaman darurat di Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Air Dingin, Lubuk Minturun.

Pada 2010 lalu, saat peringatan satu tahun gempa, TPU Air Dingin yang berada di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang tersebut didatangi banyak peziarah dari korban gempa. Bahkan, Mis, salah satu penjaga TPU yang juga berjualan mengatakan bahwa bunga rampai yang dijualnya habis saat itu.
Namun hal berbeda dapat dilihat pada peringatan dua tahun gempa hari ini. Terpantau, sejak pagi hingga pukul 15.30 tadi, tak ada satupun peziarah datang untuk menengok keadaan kuburan saudaranya yang menjadi korban gempa. Kondisi TPU hari ini benar-benar kosong.
Indak ado ciek urang pun yang tibo mancaliak kuburan korban gampo ko sajak pagi tadi do.” ucap Mis.

Meski tak ada peziarah yang datang, diharapkan warga Kota Padang tidak melupakan peristiwa tersebut. Ke depannya, para warga pun diharapkan dapat menyiapkan diri untuk siaga bencana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: