Makna Kata Maaf

2

September 23, 2011 oleh kikisenyo

Apa makna dari sebuah kata maaf?


Hmmmm….apa hanya sebuah ucapan yang mudah meluncur dari mulut setiap kita melakukan kesalahan? atau sebuah penyesalan yang mendalam atas kesalahan yang harus kita tunaikan dengan tulus dan ikhlas?

Banyak orang yang menganggap maaf2an itu sebagai suatu formalitas , jadi sekalipun orang yang belum dikenalpun meminta maaf tanpa alasan yang jelas.Mengenai Minta maaf sendiri, terkadang kita sulit memaafkan seseorang terutama yang kesalahannya amat besar.

Namun menurut seorang ahli, dendam itu hanya akan memperburuk keadaan fisik kita, karena ternyata kemarahan dan dendam itu turut dikonsumsi oleh tubuh. Jadi ketika kita dendam apalagi dalam jangka waktu lama, secara otomatis ini akan memperburuk kondisi kesehatan kita. Maaf berarti sebuah kata penyesalan yang diucapkan karena sebuah perbuatan yang barangkali dirasakan menyakiti seseorang.

Maaf mungkin saja tak bisa merubah keadaan tapi setidaknya dengan berani mengatakan maaf bagi seseorang yang sudah melakukan kesalahan itu adalah tanda sebuah penyesalan. Kata maaf tidak boleh diucapkan sembarangan…Menurutku kata maaf tuch sakral soalnya maaf itu merupakan sebuah penyesalan yang benar2 tulus dan ikhlas ketika mengucapkannya.

Jadi tidak seharusnya kita bilang ” maaf ” apabila kata maaf itu tidak muncul dari hati yang terdalam untuk sebuah penyesalan yang mendalam…. Sekarang banyak sekali orang yang mengucapkan kata maaf hanya untuk mencari perhatian atau sensasi aza….Kesalahan sama yang berulang membuat kata maaf tidak ada gunanya dan hanya sebagai pembelaan diri.

«

2 thoughts on “Makna Kata Maaf

  1. Chandra B. mengatakan:

    pertama kali aku terkesan dengan kata maaf waktu keluar dari seorang anak baru waktu aku kelas 4 SD. ceritanya waktu mereka, cewek-cewek lagi main2 lompat karet, terus nggak sengaja ngenain temenku yang cowok. trus cewek itu dengan ringannya ngulurin tangan dan bilang, “eh, maaf ya…”

    tindakan tuh cewek menginspirasi aku banget pada waktu itu. seenggaknya untuk dilihat dari saat sekarang, menunjukkan bahwa anak kecil kelas 4 SD aja bisa merasa ringan untuk minta maaf tanpa ngerasa malu atau gengsi atau apapun.

    salam kenal gan.🙂

    • kikisenyo mengatakan:

      Kalu aku, awal mengenal kata maaf itu dari mama. Saat itu aku sedang membantu mama memasak di dapur. Nah, waktu mama masukin tahu ke dalam kuali, minyal panasnya kena ke tangan aku. Saat itu mama langsung ngasih aku betadine dan minta maaf ke aku. Rasanya setelah mendapat kata ‘maaf’ itu, hati aku yang semula kesal terhadap mama jadi lebih baik dan perlahan-lahan rasa kesal itu menghilang. Memabg, maaf bisa membantu kita untuk mengendalikan emosi.

      thank you gan. Salam kenal juga. Kiki, di Padang🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: