Hujan, Banyak Siswa Sekolah Absen

Tinggalkan komentar

September 23, 2011 oleh kikisenyo

Hujan, Banyak Siswa Absen Sekolah

            Daerah kita yang berada di garis khatulistiwa membuat Indonesia memiliki dua musim setiap tahunnya. Yaitu musim panas, dan musim hujan. Musim panas adalah saat yang tepat untuk panen, berjemur, dan melakukan banyak aktivitas. Sedangkan saat musim hujan, kita ‘sedikit’ kesulitan untuk melakukan aktivitas seperti biasanya.

Sama seperti saat ini, Indonesia sedang mengalami musim hujan. Hujan yang sering turun dengan lebatnya amat mengganggu masyarakat dalam menjalani hari. Tak terkecuali siswa sekolah, yang sering absen dari Proses Belajar Mengajar (PBM) karena alasan hujan, demam, atau pakaian yang basah.

Hal ini sungguh disayangkan mengingat sebentar lagi akan diadakan ujian MID Semester I pada 10 Oktober mendatang serentak se-Kota Padang. Materi pembelajaran yang dikebut dan harus dikejar sebelum ujian, akan ketinggalan oleh para siswa yang tidak bisa datang ke sekolah pada hari itu. Banyak dan semakin sulitnya materi yang diajarkan serta tingginya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang harus diraih, juga akan menjadi kendala bagi mereka saat ujian nanti berlangsung.

Dilihat dari berbagai sekolah, seperti SMAN 3 Padang, SMPN 12 Padang, SMPN 29 Padang, dan SDN 05 Surau Gadang, hal ini memang benar. Di tiap kelas bisa ditemukan beberapa bangku yang kosong karena siswanya tidak datang. Hal ini terjadi lantaran turunnya hujan pada pagi hari, pada jam tujuh menjelang mereka berangkat ke sekolah.

Menurut salah satu siswi SMPN 12 Padang, Puti Miftahul Hasanah, ia amat menyayangkan hal ini terjadi. “Kalau tidak datang ke sekolah dengan alasan sakit, mungkin bisa dimaklumi. Tapi kalau absen pada hari itu hanya karena turun hujan pada paginya, ini sungguh disayangkan. Aku saja tetap pergi ke sekolah walaupun harus basah pagi itu.”

Sependapat dengan Puti, Bu Novera Wirni yang merupakan guru SMAN 3 Padang juga ikut berkomentar mengenai hal ini. “Padahal sebentar lagi ‘kan mau ujian MID Semester I, tapi kenapa masih ada juga yang absen dari PBM? Apa mereka bisa mengejar pelajaran yang tertinggal nantinya?”

Sekolah-sekolah yang memiliki siswa absen pada hari hujan mungkin harus memiliki kebijakan baru dalam menghadapi kasus ini. Mungkin dengan menambah jam diluar waktu sekolah untuk mereka yang ketinggalan pelajaran, atau dengan memberikan sanksi apabila absen PBM tanpa alasan yang jelas. Atau sekolah juga bisa memberikan kebijakan lain yang tentunya lebih mendidik. Sekolah adalah tempat untuk menuntut ilmu. Jika libur PBM sehari saja, kamu akan kehilangan banyak ajaran baru!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: