Dora

Tinggalkan komentar

Juni 13, 2011 oleh kikisenyo

Dora

                Pasti di benak sobat semua, terpikirkan sebuah pertanyaan mengenai tulisan ini. Siapa Dora? Dan ada apa dengannya? Bukankah Dora adalah tokoh kartun si gadis kecil petualang yang selalu semangat menjalani harinya? Tidak! Dora yang kali ini akan kita bahas adalah Dora gadis biasa yang banyak memberikan inspirasinya pada kita semua.

Akhir-akhir ini banyak sekali media yang memberitakan Dora. Tidak karena terlibat suatu skandal atau pelaku sebuah tindak kriminal. Dora diberitakan sejak dia dirawat di sebuah bangsal sederhana di RSUP M. Djamil Padang, karena penyakit anehnya. Penyakit aneh? Ya, darah keluar dari pori-pori kepalanya.

Sejak ditinggal orangtuanya, Dora rela melakukan apa saja untuk menyambung hidup dan menafkahi kedua adiknya. Bahkan sebelum masuk rumah sakit, Dora dikenal sebagai tukang ojek. Semangatnya seakan tidak pernah luntur ditengah keterbatasan ekonomi yang dialaminya. Terdengar miris, ‘kan?

Sejak beritanya menyebar, Dora menebar inspirasi pada khalayak. Semangat hidupnya membuka mata hati semua orang – terlebih orang yang selalu berkeluh kesah dan sering sekali memaki dan mencaci dan membenci apa yang telah diberikan Tuhan padanya. Dora mengajarkan kita tentang kesusahan dan kekurangan yang bukan untuk ditangisi, dan menerima nasib yang harus dijalani sampai titik darah penghabisan.

Dilihat dari kesabaran dan ketabahan Dora, bisa diambil sebuah pelajaran. Hidup bukan untuk kesenangan, tapi diperjuangkan. Ia mendapatkan kesenangan dalam perjuangan hidupnya. Ya, kesenangan yang seperti itulah yang dikatakan sebagai kesenangan yang sebenarnya. Betul?

Ada satu hal berdampak besar yang bisa kita petik dari perjuangan Dora dalam menghadapi penyakitnya. Yaitu sebuah rasa solidaritas yang kembali tumbuh. Bisa dibuktikan dengan banyaknya bantuan yang mengucur dari masyarakat dan pejabat yang ditujukan untuk Dora. Mungkin kalau tidak ada Dora, bisa jadi teramat jarang para pejabat yang membesuk rakyatnya. Ya, hikmah dari semua ini bisa sama-sama kita semua rasakan. Yakni hilangnya batas antara pemimpin dan rakyat, yang pastinya sangat kita butuhkan disaat ini.

Hmm… Semoga Dora bisa mendapatkan kesembuhannya. Karena semua orang pasti ingin kembali melihat senyum manis anak gadis ini. Amiin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: