Candu Dunia Maya

Tinggalkan komentar

Mei 23, 2011 oleh kikisenyo

Corner

Candu Dunia Maya

Facebook, Twitter, dan Foursquare adalah tiga jejaring sosial yang paling terkenal di kalangan masyarakat. Dan tentu saja, yang namanya terkenal pasti sangat diminati dan digemari oleh banyak orang – termasuk dari Indonesia. Tak heran, dewasa ini banyak generasi muda kita yang senang berdiam di dunia maya hanya untuk menggunakan jejaring-jejaring sosial itu.

Berdasarkan penelitian, lebih dari lima puluh persen orang lebih senang duduk tenang di kursi menatap layar komputernya yang terkoneksi dengan internet ketimbang melakukan pekerjaan yang lebih berguna seperti membaca buku atau berolahraga. Hal ini tentu sangat mengecewakan mengingat masih banyak orang kurang menyukai hal yang bermanfaat.

Hmm… sebenarnya tak ada salahnya juga dengan dunia maya. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari hal itu. Beberapa hal diantaranya adalah, kita bisa mengetahui informasi-informasi terbaru yang berpengaruh, update dengan kemajuan zaman, dan bisa memiliki jaringan pertemanan yang luas.

Walaupun memiliki manfaat yang banyak, tapi sebaiknya kita bisa mengontrol diri agar tidak terlalu “gila” dengan dunia dibalik layar komputer itu. Karena, jika hal itu terjadi, bisa memberikan kita dampak yang buruk. Contohnya saja kerusakan mata, stres, dan berkurangnya konsentrasi.

Oh ya, jika sobat semua menggunakan fasilitas internet, jangan membuka website yang dilarang ya! Selain tidak disukai oleh Tuhan, juga akan membuat moral dan sikap kita menjadi buruk.

Jadi, gunakanlah internet dengan sebaik mungkin! Jangan sampai kita terlalu mencanduinya, karena masih banyak pekerjaan bermanfaat yang bisa kita lakukan!

M. Rezki Achyana

SMP N 12 Padang

Tinggalkan komentar