Pahamilah Hidup dan Kehidupanmu!

2

Maret 25, 2011 oleh kikisenyo

Artikel

Pahamilah Hidup dan Kehidupanmu!

 

Dari judulnya saja, penulis yakin, pasti para pembaca mengerti maksud tulisan saya kali ini. Ya, saya mengajak para pembaca untuk bisa memahami arti hidup dan maksud kehidupan. Apa maksud Tuhan memberikan kita kesempatan untuk hidup? Bagaimana seharusnya kita bersikap dalam hidup? Apa saja yang harus dilakukan dalam hidup? Dan sebenarnya, apa tujuan dari kehidupan yang kita jalani ini? Apa pernah pembaca merenungi berbagai pertanyaan diatas? Hmm… mungkin beberapa sudah. Tapi, penulis yakin, ada yang belum pernah menanyakan pertanyaan-pertanyaan itu pada dirinya sendiri.

Pertama, kita harus tahu apa maksud dari hidup. HIDUP, adalah satu kata yang hanya terdiri dari lima huruf, namun pengertiannya melebihi luasnya jagad alam ini. Makna dari kehidupan adalah menerima. Menerima apa? Tuhan sudah memberikan segala yang kita butuhkan. Oke, mungkin diantara kita ada yang memiliki kekurangan. Tapi, itulah yang namanya hidup. Kita harus bisa menerima apa yang diberikan oleh Tuhan. Karena Tuhan pasti tahu, apa saja yang kita butuhkan dan apa yang tidak.

Kehidupan memberikan kita kesempatan untuk merasakan hidup. Dan hidup adalah sesuatu yang kita berikan untuk kehidupan. Mengerti maksudnya? KEHIDUPAN, mengambil kata dasar “hidup”. Kita semua sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan hidup, yaitu menerima. Lalu, apa yang dimaksud dengan kehidupan? Seperti kalimat pertama pada paragraf ini, “Kehidupan memberikan kita kesempatan untuk hidup.” Berarti, kehidupan itu adalah waktu. Waktu yang diberikan Tuhan untuk menjalankan hidup. Waktu yang diberikan Tuhan agar kita bisa menerima. Untuk hidup, kita memerlukan waktu. Dan hal itu bisa didapat dari kehidupan.

Kedua, cara kita untuk menyikapi hidup ini. Hmm… pada soal yang satu ini, penulis yakin, para pembaca pasti setuju dengan pembahasan itu. Benar, ‘kan? Hidup adalah menerima. Dan kehidupan adalah waktu. Jadi, pertanyaan selanjutnya, cara kita menggabungkan devinisi antara hidup dan kehidupan. Ya, sekarang tergantung pada pribadi masing-masing. Bagaimana cara kita untuk bisa menerima sesuatu, entah itu adalah kekurangan, ketidakpuasan, atau yang lainnya, dengan benar-benar ikhlas. Ya, untuk menjadi orang ikhlas memang membutuhkan waktu. Dan Tuhan sudah memberikan waktu untuk kita melalui kehidupan. Benar adanya, Tuhan sudah memberikan segala yang kita butuhkan!

Ketiga, apa maksud Tuhan memberikan kita hidup dan kehidupan? Jawabnya, karena Tuhan menginginkan kita untuk menerima. Tuhan menginginkan kita untuk menjadi pribadi yang sabar. Sabar, salah satu contoh kehidupan, bukan? Dengan bersabar, berarti kita menggunakan waktu. Itu yang diinginkan Tuhan. Dia ingin kita, sebagai hambaNya, menjadi orang yang bisa menerima dan sabar. Cukup jelas, bukan?

Terakhir, apa saja yang harus kita lakukan untuk mengisi hidup ini? Perlu diketahui, untuk membuat hidup dan kehidupan kita lebih indah, berisi, berwarna, menyenangkan, dan berkesan, hanya dibutuhkan satu hal. SENYUM. Bukankah orang yang tersenyum terlihat manis? Bukankah orang yang tersenyum disenangi banyak orang? Bukankah senyum termasuk salah satu ibadah? Dan bukankah Tuhan juga menyenangi orang yang tersenyum? Ya, senyum membuat hidup menjadi lebih berwarna. Hidup menjadi lebih indah dengan senyum. Penulis yakin, tidak ada orang yang tidak suka tersenyum. Senyum membuat perasaan lebih tenang. Senyum membuat semuanya terasa lebih mudah. Apapun yang kita lakukan, dengan senyuman, pasti akan menyenangkan. Jadi, dengan tersenyum, bisa mengisi hidup dengan mudah, bukan?

Dari sepanjang ini tulisan yang saya buat, bukankah setidaknya kalian mengerti dan mengetahui maksud hidup ini? Ingat, hidup ini indah, seandainya kalian menyadarinya! Pahami maksud dari hidupmu mulai sekarang, ya! God bless you!😀

 

M. Rezki Achyana

SMP N 12 Padang

 

»

2 thoughts on “Pahamilah Hidup dan Kehidupanmu!

  1. “… untuk membuat hidup dan kehidupan kita lebih indah, berisi, berwarna, menyenangkan, dan berkesan, hanya dibutuhkan satu hal. SENYUM.”🙂🙂🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: