Gotong Royong Jelang Ujian

Tinggalkan komentar

Maret 25, 2011 oleh kikisenyo

Menjelang Ujian Akhir Sekolah yang akan dilaksanakan pada akhir bulan Maret ini, dan serentak dilaksanakan di kota Padang, serta dilanjutkan dengan Ujian Akhir Nasional pada bulan April nanti, Bu Rosdiana, selaku kepala sekolah SMP N 12 Padang meminta seluruh warga sekolah untuk bergotong royong guna memberi kenyamanan untuk murid kelas 9 dalam menghadapi ujian nanti.

Kegiatan gotong royong ini berlangsung pada hari Rabu (23/3), setelah pulang sekolah. Yakni dari pukul 14:00 WIB sampai dengan pukul 16:00 WIB.

Gotong royong ini diwajibkan kepada seluruh murid, mulai dari kelas 7 hingga kelas 9. Agenda wajib dari kegiatan ini adalah mengecat ulang meja dan kursi yang sudah banyak coretan dan bekas tipe-ex nya. Selain mengampelas meja dan kursi sebelum di cat, beberapa siswa lainnya disibukkan dengan menyapu di dalam kelas dan membersihkan atap dari sarang laba-laba yang mengganggu. Seluruh siswa tampak sangat bersemangat dan saling bahu membahu membersihkan kelasnya.

Tawa dan gelak canda juga mengisi kegiatan ini. Semuanya terlihat sangat senang. Walaupun pekerjaan ini sebenarnya berat, tapi karena dilakukan bersama-sama, terasa sangat mudah untuk melaksanakannya.

Walaupun instruksi sebenarnya adalah para siswa yang mengecat meja dan kursi milik kelasnya masing-masing, namun beberapa kelas yang wali kelasnya mengkhawatirkan ketidakrapian dari pekerjaan tersebut, memilih untuk meminta bantuan kepada Pak (…), selaku satpam SMP N 12 Padang, karena sudah diketahui hasil kerjanya yang bagus.

Pada sore hari yang masih tampak cerah itu, baru setengah jam bekerja, sudah tampak banyak hasil kerja yang memuaskan dari para siswa yang beberapa diantaranya masih asyik mengecat meja dan kursi dari kelasnya. Pekerjaan ini bisa cepat selesai karena masing-masing kelas terlihat sangat kompak serta dengan adanya para wali kelas yang ikut membantu anak didiknya.

Kelas-kelas yang awalnya berdebu dan banyak sampah, pada hari itu langsung terlihat bersih. Meja-meja dan kursi-kursi yang banyak coretan serta bekas tipe-ex nya, juga ikut menjadi bersih dan terlihat seperti barang baru. Jendela yang kusam juga menjadi bersih pada hari itu. Dan masalah tirai dan alas meja yang kotor, sudah diberikan pada murid yang mau menjadi sukarelawan untuk mencucinya.

Bu Rosdiana mengambil tindakan seperti ini agar kelas-kelas yang akan dipakai untuk ujian UAS dan UAN nanti, akan terlihat lebih fresh dan membuat murid-murid kelas 9 merasa nyaman dalam mengikuti ujian.

Hasil kerja dari para siswa SMP N 12 Padang ini, pada keesokan harinya, Kamis (24/3) akan dicek kembali oleh Bu Rosdiana dan Dinas Kebersihan ke kelas masing-masing. Dan diharapkan seluruh kelas itu benar-benar “pas” untuk dapat digunakan sebagai ruang ujian.

“Ibu doakan, kalian semua, siswa kelas 9 SMP N 12 Padang yang akan mengikuti UAS dan UAN nanti mendapatkan nilai yang terbaik, lulus seratus persen, dan diterima di sekolah lanjutan yang terbaik pula.” Ucap Bu Rosdiana yang langsung dibalas oleh para siswa dengan ucapan “amin…”.

Foto dan Narasi : M. Rezki Achyana

SMP N 12 Padang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: