Hidup “Memang” Butuh Perjuangan

2

Februari 20, 2011 oleh kikisenyo

Hidup “Memang” Butuh Perjuangan

 

Mungkin ada yang berpikir, mengapa saya (penulis) membuat judul seperti itu. Hmm… jawabannya simpel, karena pendapat penulis memang seperti itu. Tak ada hidup tanpa perjuangan. Tak ada hidup yang hanya merasakan senang. Pasti ada cobaan dan rintangan yang harus kita hadapi. Dan itulah yang harus diperjuangkan oleh kita masing-masing.

Sebenarnya, ide untuk tulisan ini terbesit saat penulis melakukan sebuah percakapan dengan seorang teman, remaja berusia 15 tahun yang bisa dibilang memiliki nasib yang kurang beruntung daripada kita. Di usianya yang masih muda, sejak umur 12 tahun dia sudah divonis mengidap penyakit berbahaya yang mematikan, kanker otak stadium 2.

Dalam menjalani hari-harinya, dia (yang tidak ingin disebutkan namanya), selalu berusaha untuk memberikan hal terbaik untuk semua orang. Berusaha memberikan senyuman yang paling tulus untuk orang-orang di sekitarnya, dan selalu berusaha untuk menyembunyikan rasa sakit yang diidapnya itu. Tak ingin ada orang lain yang tahu tentang ini. Karena dia tidak ingin dikasihani.

“Walaupun aku merasa kesakitan, aku tak ingin orang-orang disekitarku merasakannya juga.” Ucapnya tetap memperlihatkan senyum manisnya. “Hidup memang harus ada perjuangan. Tanpa perjuangan, rasanya hidup nggak ada artinya.” Sambungnya lagi.

Setelah bercakap-cakap sebentar dengannya, akhirnya penulis tahu arti hidup sebenarnya. PERJUANGAN. Tanpa perjuangan, tak akan ada keberhasilan yang akan kita cicipi. Tanpa perjuangan, tak akan pernah seseorang merasakan nikmatnya hidup ini. Karena, semua hal yang kita inginkan itu, sangat membutuhkan perjuangan.

Ya, walaupun terkadang perjuangan kita itu gagal, setidaknya kita sudah mencoba. Mencoba untuk mengetahui dimana letak kesalahan kita. Mencoba untuk mencari tahu apa yang membuat kegagalan itu terjadi. Setelah kita mengetahuinya, berjuanglah kembali dengan cara belajar dari kegagalan itu. Yakinlah, kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Dan kegagalan akan terasa manis saat kita bisa menyikapinya.

Jadi, jangan pernah berhenti untuk berjuang ya! Dan jangan pernah pula untuk putus asa. Karena banyak hal yang dapat merugikan kita jika berputus asa. Ingat, Hidup “Memang” Butuh Perjuangan!

2 thoughts on “Hidup “Memang” Butuh Perjuangan

  1. bebas mengatakan:

    jangan pernah menyerah >>. (Y) jojoba_oke@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: