GuruKita – Murniati Kudus, M.Pd

2

Februari 20, 2011 oleh kikisenyo

Nobody get’s everything. So, thankful what you got. Ya, itulah motto hidup dari Murniati Kudus, seorang guru Bahasa Inggris SMP Negeri 12 Padang yang patut kita contoh kegigihan dan semangatnya untuk memperoleh sesuatu yang membanggakan.

Satu hal yang paling membanggakan darinya adalah diutusnya dia ke Ohio State University, Columbus, USA, mewakili Sumatera Barat untuk regional Sumatera pendidikan school leadership.

Guru yang sering dipanggil oleh siswa-siswanya dengan panggilan Miss Murni ini juga sudah meraih berbagai prestasi dari tingkat lokal hingga internasional. Seperti Guru Berprestasi tingkat Kota Padang, Action Research Guru SMP tingkat nasional pada tahun 2000, dan guru utusan dari kota Padang ke Ohio State University.

Selain menjadi guru di sekolah, guru yang memiliki hobi membaca, bernyanyi, menulis, dan melukis ini juga memiliki kerja sampingan menjadi Dosen Tutor Universitas Terbuka Sumatera Barat dan menjadi Dosen Pembimbing mahasiswa lapangan STKIP Padang.

Miss Murni menjalani masa SD nya di kota Palembang. Tepatnya di SD 05 Palembang. Dan di jenjang SMP, dia pindah ke kota Padang Panjang dan bersekolah di Pesantren Dinyyah Puteri Padang Panjang. Setelah tamat, ia melanjutkan sekolahnya di kota Jakarta. Namun, ia bertahan disitu hanya satu tahun karena dia harus pindah kembali ke kota Palembang. Akhirnya, ia menamatkan jenjang SMA-nya di MAN 2 Palembang.

Untuk Perguruan Tinggi, wanita kelahiran Pontianak, 21 Maret 1964 ini menamatkan D2nya di Institut Kejuruan Ilmu Pendidikan (IKIP) Padang (UNP sekarang), D3 sampai S1 ditamatkan di Universitas Terbuka (UT). Dan untuk S2, Miss Murni menamatkannya sampai dua kali. Yang pertama di Universitas Negeri Padang (UNP) dengan jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, dan S2 yang kedua ditamatkannya di Ohio State University, Columbus, USA.

Guru bahasa inggris yang ramah ini juga bergabung dengan beberapa organisasi. Seperti empat tahun menjadi sekretaris Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris Kota Padang, tiga tahun terakhir sampai sekarang menjadi Ketua Umum Forum Organisasi Guru Bahasa Inggris se-Sumatera Barat, dan anggota Organisasi Masyarakat (Ormas) Nasional Demokrat.

Sebelum menjadi guru Bahasa Inggris yang sukses dan terkenal seperti saat ini, wanita yang selalu malu mengatakan kalau dia juga memiliki hobitravelling ini setelah tamat SMA pernah menjadi pelayan toko sepatu, melayani terjemahan bahasa inggris, menjadi baby sitter, dan menjadi sekretaris sebuah perusahaan geologi.

Dibalik kehebatannya dalam menggunakan bahasa inggris, ternyata semasa hidupnya, Miss Murni tidak pernah mengikuti kursus bahasa inggris. Tetapi karena menyukai bahasa asing itu, sejak kelas empat SD dan juga sering berani untuk praktek, maka bahasa inggris pun dapat dengan mudah dikuasainya. Bahkan saat ini bahasa inggris-lah yang menjadi life skill nya.

Karena perjalanan hidup yang panjang dan sulit itu, membuat dia menjadi seseorang yang pantang menyerah. Wanita yang tidak mau berhenti di tengah perjuangan. Dan sebab itulah, guru yang sering menjadi juri-juri dalam berbagai perlombaan tertentu itu selalu berharap agar siswa-siswinya di SMP Negeri 12 Padang juga memiliki jiwa pantang menyerah untuk berusaha memberikan yang terbaik dan membanggakan bagi orang tua, agama, bangsa dan negara kita ini.

2 thoughts on “GuruKita – Murniati Kudus, M.Pd

  1. shaina talia mengatakan:

    miss murni🙂 i miss u … :’)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: