Kanker Otak

2

Januari 18, 2011 oleh kikisenyo

Kanker otak adalah penyakit berbahaya yang sangat mematikan. Selain mematikan, pengobatannya pun menelan biaya yang sangat besar.Orang awam seperti kita pada umumnya hanya memahami sepotong – sepotong informasinya, sehinggapemahaman yang tidak utuh sering kali memberikan pemahaman yang keliru. Contohnya masih ada yang mempertanyakan apa perbedaan antara tumor dan
kanker ? Tumor terbagi 2, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. nama lain dari tumor ganas adalah kanker. Jadi kanker adalah tumor dengan kategori yang ganas.

Tumor adalah benjolan yang ada di tubuh kita. Tumor jinak bisa berupa kista yang bisa berisi cairan atau lemak atau tahi lalat. Tumor ganas disebut kanker ( asal kata dari Cancer = kepiting ), karena sifatnya yang menjalar / menyebar kemana-mana. Itu karena pertumbuhan sel kanker beda sama sel normal, sehinggal sel kanker lebih cepat bertambah banyak (multiplikasi).

Apakah bisa disembuhkan ???
Ini pertanyaan yang sering muncul. Tahu ilmunya memang penting, tapi lebih penting lagi adalah tahu bagaimana cara penyembuhannya. Pada adsarnya setiap penyakit ada obatnya (bisa disembuhkan), selama bisa diketahui
sedini mungkin pada stadium awal. Pengobatannya macam-macam, tergantung stadium dan lokasi juga, contohnya dengan Kemoterapi, atau Radioterapi. Yang lainnya bisa juga dengan Pembedahan atau Cryosurgery. Pengertian 3
istilah ini adalah :
1. Kemoterapi : pengobatan memasukan obat anti kanker lewat jalur infus
2. Radioterapi : pengobatan dengan sinar rontgen untuk membunuh sel kanker.
3. Pembedahan : bertujuan untuk mengangkat kanker dan biasanya juga sel tubuh normal yang telah terkontaminasi sel kanker.

Tapi seringkali terlambat diketahui, sehingga datang ke dokter saat keadaannya sudah parah, ukurannya sudah besar dan mengganggu fungsi tubuh, atau tingkat penyebarannya sudah parah, seperti sampai ke hati, paru – paru bahkan sampai ke otak.

Lalu apa yang menjadi penyebabnya ?
Tentu bersifat multifaktorial, artinya banyak faktor yang bisa menjadi pencetus kanker. Termasuk di antaranya genetik, pola makan tinggi lemak, rokok/ alkohol, radiasi / terpapar sinar tertentu, keadaan hormon seseorang, dan sebagainya.

Gejalanya apa ?
– Perubahan kebiasaan waktu buang air besar / air kecil
– Gangguan alat pencernaan dan / atau sukar menelan
– Suara serak atau batuk tidak sembuh – sembuh
– Payudara atau bagian lain terlihat ada benjolan ( untuk kanker payudara )
– Tahi lalat yang sifatnya berubah, terasa gatal atau bertambah besar
– Darah atau lendir yang tidak normal keluar dari tubuh
– Ada koreng atau borok yang sulit disembuhkan

Bagaimana upaya pencegahannya ?
1. Perhatikan gejala – gejala seperti sering sakit kepala yang hilang timbul, atau tidak hilang-hilang, muntah-muntah tanpa sebab, penurunan penglihatan yang tidak dapat dikoreksi dengan kacamata, kelemahan anggota gerak secara bertahap, berjalan limbung, gejala layaknya vertigo atau sempoyongan, maka segera lakukan pemeriksaan diri dan dianjurkan melakukan  pemeriksaan MRI.

2. Hindari stres berat menyerang terus-menerus, sempatkan waktu beristirahat, dan lakukan refreshing yang dapat mengurangi dan
menghilangkan stres.

3. Batasi radiasi langsung yang terlalu berlebihan pada tubuh, lebih baik gunakan hansfree bila menggunakan telepon seluler dalam waktu lama.

4. Terapkan pola makan sehat dengan gizi yang seimbang, misalnya memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayur, dan biji-bijian. Ditambah membatasi diri mengonsumsi lemak.

5. Kurangi konsumsi makanan yang diasap, dibakar dan diawetkan dengat nitrit, maupun zat-zat kimiawi buatan lainnya.

6. Hentikan kebiasaan minum alkohol dan rokok.

7. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur. Apalagi kalau Anda mempunyai riwayat keluarga penderita kanker otak.

8. Jangan mengonsumsi obat-obatan tertentu sebelum mendapat resep rujukan dokter. Kesalahan penggunaan obat dapat merangsang perkembangan sel kanker.

9. Lakukan olahraga secara teratur dan pada porsi yang cukup.

10. Mulai sekarang biasakan hidup sehat.

Riset terhadap pengobatan kanker pun terus berlangsung. Dalam catatan buku tradisional Cina mengenai khasiat  makanan pengobatan, makan sirip ikan hiu dipercaya dapat mencegah penuaan kulit dan gelatin yang terkandung di dalam sirip ikan hiu dipercaya pula dapat meningkatkan vitalitas. Peneliti dari Indonesia (Kepala Pusat Studi Satwa Primata Lembaga Penelitian IPB), Drh Dondin Sajuthi Ph D mengakui esktrak tulang rawan ikan hiu dapat menghambat pertumbuhan pembuluh darah baru. Selain ikan hiu, tulang rawan sapi juga disebut-sebut mampu menghambat pertumbuhan pembuluh darah baru. Tentang hasilnya, Dr Greg Harper dari Council for Scientific and Indutrial Research Organization telah membuktikannya.

2 faktor yang mempengaruhi timbulnya kanker, adalah :
1. Faktor dari dalam, yaitu yang datang dari dalam diri sendiri. Yang utama adalah faktor keturunan / genetik. Jika ada sanak saudara yang punya riwayat menderita kanker otak, berarti peluang terkena kanker otak lebihbesar daripada mereka yang keluarganya tidak ada penderita kanker otak.

2. Faktor dari luar yaitu faktor yang datang dari luar atau kejadian benturan. Benturan ini dapat menyebabkan trauma pada jaringan otak, sehingga bisa jadi penyebab tumbuhnya jaringan abnormal dalam otak (yang kemudian dapat berkembang menjadi kanker otak). Faktor luar lainnya bisa berupa makanan dan radiasi. Obat-obatan tertentu yang diminum secara terus-menerus  berpotensi menyebabkan kanker.

3. Faktor-faktor lainnya:
– Pola hidup yang kurang sehat: misalnya merokok, makanan berlemak, kurang serat, dsb.
– Bahan karsiogenik: minyak goreng yang dipakai berulang-ulang, bahan kimia yang termakan
– Radiasi: paparan radiasi dalam gelombang tertentu dapat memicu berkembangnya sel kanker

Struktur Otak Manusia
Otak merupakan organ tubuh penting yang mengatur segala aktivitas / gerakan tubuh manusia. Otak bisa multitasking karena semua aktivitas tersebut diatur oleh bagian otak yang berbeda (tiap bagian memiliki fungsi yang berbeda).
Secara umum, otak manusia dibagi menjadi tiga bagian, yaitu :
1. Otak besar (cerebrum)
2. Otak kecil (cerebellum)
3. Batang otak (brain stem).

Tiap bagian ini terbagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil, di mana masing-masing bagian kecil tersebut terbagi lagi, dan seterusnya. Ruang antar bagian terisi oleh cairan otak (cerebrospinal fluid), sedangkan bagian luarnya terlindungi oleh tiga lapis selaput otak (meninges) dan tulang tengkorak.

Tiap bagian otak tersebut bisa terkena tumor/kanker. Walaupun tumor jinak, tapi karena tumbuhnya di otak, bisa menjadi sangat berbahaya. Tumor tersebut dapat mengganggu fungsi dan merusak struktur susunan saraf pusat, karena terletak di dalam rongga yang terbatas (rongga tengkorak). Seiring dengan berkembangnya tumor tersebut, jaringan otak akan semakin tertekan. Padahal volume rongga tengkorak sangat terbatas dan tidak mungkin bertambah besar. Inilah yang menjadikan sakit kepala / pusing sebagai
gejala awal kanker otak.

Ciri-ciri awal kanker otak sangat bervariasi, tergantung pada bagian otak mana yang terserang. Misalnya kepala pusing atau terasa mual. Berikut gejala kanker otak yang patut Anda waspadai:

* sakit kepala disertai mual sampai muntah yang menyemprot
* daya penglihatan berkurang
* penurunan kesadaran atau perubahan perilaku
* gangguan berbicara
* gangguan pendengaran
* gangguan berjalan / keseimbangan tubuh
* gangguan saraf
* anggota gerak melemah atau kejang
* pada bayi biasanya ubun-ubun besar menonjol

Semua itu hanyalah gejala. Jadi kalau mengalami satu atau lebih gejala di atas, belum tentu Anda terkena kanker otak. Untuk memastikan, Anda harus diperiksa langsung oleh dokter ahli syaraf serta menjalani pemeriksaan lanjutan seperti CT scan, MRI, angiogram, myelogram, spinal tap dan biopsi.

2 thoughts on “Kanker Otak

  1. anang nurcahyo mengatakan:

    sangat mengerikan. penyakit yang sudah banyak memakan korban

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: