Melestarikan Kebudayaan Daerah

4

April 3, 2011 oleh kikisenyo

Pastinya kita semua sudah tidak asing lagi dengan beberapa kebudayaan daerah dari Sumatera Barat, seperti randai, Tari Piring, rendang, Rumah Gadang, dan banyak hal lainnya yang diberikan secara turun temurun oleh leluhur kita untuk terus dijaga dan dilestarikan.

Kebudayaan adalah simbol dari suatu daerah. Dengan budaya kita bisa memberikan sebuah identitas tentang daerah kita. Dan karena itulah, kebudayaan harus tetap kita jaga dan lestarikan. Terlebih oleh generasi muda seperti kita ini.

Bagaimana cara melestarikan budaya daerah kita? Banyak hal yang dapat kita lakukan, contohnya dengan tetap menggunakan bahasa daerah kepada teman-teman. Lalu, cara lainnya adalah dengan mengetahui seluk beluk tentang kebudayaan daerah yang kita miliki, seperti sejarah Rumah Gadang, simbol-simbol yang tergambar pada rendang, dan unsur-unsur yang ada dalam randai.

Kemudian, dengan tidak meremehkan dan menganggap jelek kebudayaan yang kita miliki, juga membantu untuk melestarikan kebudayaan daerah kita. Namun, tidak berarti kita boleh mengejek kebudayaan yang dimiliki daerah lain. Oke?

Saya (penulis) tahu, pasti beberapa di antara para pembaca ada yang keberatan dengan cara melestarikan budaya yang saya berikan. Tapi, harus bagaimana lagi? Kita sebagai generasi muda memang HARUS dan WAJIB melestarikan kebudayaan yang kita miliki. Tidak ingin, ‘kan, kalau kebudayaan itu nantinya diklaim oleh negara lain? Nanti malah ada peperangan karena masalah itu. Padahal, negara lain berani mengklaim budaya kita karena mereka melihat kalau kebudayaan yang kita miliki ini sudah tidak dipedulikan lagi, dan bearti, itu adalah salah kita juga, ‘kan?

Dengan beberapa tips yang saya berikan tersebut di atas, saya berharap, kita semua saling berpegangan tangan untuk tetap menjaga budaya daerah yang kita miliki. CAIYYO…!

 

About these ads

4 thoughts on “Melestarikan Kebudayaan Daerah

  1. iqbal antoni mengatakan:

    keren beud broo

  2. salsalina ginttttttttttttt mengatakan:

    keren banget

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: